Batik Warisan Budaya Nenek Moyang Kita Yang Harus Dilestarikan.

Angga Ardiansyah – Ramapati Pasuruan

Pasuruan, Sabtu 2 Oktober 2021

Salah satu anak sedang melakukan proses membatik menggunakan canting.

Ramapati Pasuruan- Batik merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang kita yang harus selalu diupayakan untuk dilestarikan.

Meski begitu, batik terus berevolusi dengan budaya-budaya masa kini. Bahkan kini memproduksi kain batik tidak hanya dengan cara tradisional menggunakan canting dan lilin tapi juga dengan bantuan teknologi modern.

Menurut salah satu pebatik asli Kota Pasuruan saat tim liputan ramapati mengunjungi kediamannya didaerah cemara Bugul Lor bang Aldy mengatakan, Batik merupakan cermin diri Bangsa Indonesia sebagai warisan budaya yg harus tetap terjaga serta dilestarikan adanya.

” Dihari batik ini semoga para pegiat/pengrajin batik khususnya yg ada di Kota Pasuruan bisa lebih berkarya, berinovatif serta berkreasi dengan imajinasi yang memiliki karakter & lebih maju untuk kemajuan Pasuruan Kota Madinah,” ujarnya.

Lain lagi menurut pengusaha batik asal tembokrejo yang menamakan sanggarnya Batik Satu Canting Ibu Andriani Farida. Batik adalah salah satu kerajinan tradisional khas Indonesia yang telah mendunia dimana tanggal 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya takbenda.

” Di Hari Batik Nasional Ini marilah kita bersama sama untuk melestarikan batik dan jangan lupa mengenakan batik,” ujarnya

Salah satu faktor yang membuat batik sangat istimewa adalah keberagamannya. Batik yang dibuat di satu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya.

Keberagaman tersebut menunjukan bahwa batik tak hanya sekedar pakaian, melainkan wadah untuk rakyat mengekspresikan dirinya melalui seni. Oleh karena itu seni batik harus dilestarikan.

Salah satu cara masyarakat melestarikan batik yakni dengan ikut meramaikan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober dan sekaligus juga memperkenalkan sejak dini tentang budaya batik itu sendiri kepada anak-anak mellineal, baik melalui kursus ataupun mengikuti lomba membatik dan lain-lainnya.

Penetapan hari batik bertujuan untuk memberikan makna lebih kepada batik sebagai warisan budaya Indonesia. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia.

Selamat Hari Batik Nasional 2021 tanggal 2 Oktober 2021 Batik warisan budaya yang adiluhung. Semoga terus mendunia. (Aga)