Jadikan Kota Pasuruan Kota Manasik Terbaik Di Indonesia.

Angga Ardiansyah – Ramapati Pasuruan

Pasuruan, Sabtu 30 Oktober 2021

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan dan pembinaan IPHI

Ramapati Pasuruan- Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) saat memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan dan Pembinaan
Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)
Dan Majelis Taklim Perempuan  (MTP) Kota Pasuruan masa bhakti 2021-2026 yang diselenggarakan di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan. Sabtu (30/10/2021).

Dalam kegiatan ini langsung dihadiri oleh Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia wilayah Provinsi Jawa Timur Drs. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc, turut hadir mendampingi Wali Kota Pasuruan, Wakil Wali Kota Pasuruan, Penasehat IPHI, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Pasuruan, Kepala Kementerian Agama, Jajaran IPHI Kota Pasuruan, Ulama, Bu Nyai, dan undangan lainnya.

Menurut H.Nurul Jadid mewakili pengurus dan  panitia dalam laporannya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang sudah ikut membantu penyelenggaraan acara ini ini, harapannya IPHI Kota Pasuruan kedepan bisa membantu dan bisa membawa maslahah dan terbangunnya sinergitas dengan Pemerintah Kota Pasuruan.

” IPHI Kota Pasuruan ini termasuk organisasi tuwo-tuwo (tua)yang terdiri dari almukarrom al mukarromah, dan harapannya semoga IPHI dan Pemkot akan terjalin sinergitas,” ujarnya.

Pengukuhan dan Pembinaan
Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Pasuruan masa bhakti 2021-2026 ini berdasarkan keputusan Nomor: 3.041/scan/pw-jtm/VI/2021 tentang susunan pengurus daerah IPHI masa Bhakti 2021-2026.

Semua pengurus IPHI Kota Pasuruan secara resmi dikukuhkan oleh Sekertaris IPHI Jatim Bapak Nawawi melalui pembacaan ikrar Bersama seluruh pengurus.

Sementara itu sebagai Dewan Pembina IPHI Gus Ipul mengucapkan selamat kepada seluruh IPHI Kota Pasuruan yang baru dilantik dan mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubenur Jawa Timur Bapak Emil di Kota Pasuruan dan di gedung Gradika untuk pertama kalinya dan berharap agar kedepan pak Wagub bisa berkeliling di Kota Pasuruan.

” Saya berterima kasih kepada Pak Emil bisa hadir disini dan mudah lain waktu bisa lebih jauh tahu tentang Kota Pasuruan yang terdiri dari 4 Kecamatan terdiri dari 34 Kelurahan dengan jumlah 210 ribu jiwa,” ujar Gus Ipul.

” Kota Pasuruan kota kecil berada ditengah-tengah Kota Surabaya dan Kota Malang yang sedang mengejar kemajuan Kota Surabaya, lek nututi,” imbuhnya.

Gus Ipul berharap Kedepannya kerjasama untuk membangun Kota Pasuruan menuju Kota Madinah perlu dilakukan. Dari hasil penelitian salah satu yang menjadi andalan Kota Pasuruan adalah makamnya para wali salah satunya makamnya KH. Hamid.

Terkait pengukuhan ini Wali Kota Pasuruan ingin menjadikan Kota Pasuruan sebagai Kota Manasik Terbaik di Indonesia.

” Saya menginginkan Kota Pasuruan kedepan menjadi kota manasik terbaik di indonesia, dimana dialun-alun  dengan Masjid Jami’ bernuansa madinah dan pelabuhan bernuansa jeddah untuk nuansa Mekkahnya dibelakangnya P3GI dan didekat jalan tol dibuat rest area bernuansa arofah harapnya,” harapnya.

Ketua ikatan persaudaraan haji indonesia wilayah Provinsi Jawa Timur Drs. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc dalam arahannya mengatakan selamat menjalankan menjalankan tugas dan wewenang dengan baik.

“ Pesan saya untuk pengurus IPHI Kota Pasuruan agar selalu amanah dalam menjalankan tugas. dan kerjakan sesuai tupoksi yang sudah diberikan, “ujar Emil.

Branding madinah van java juga akan tepat dan lengkap jika IPHI mendukung.

” Saya rasa branding madinah van java ini belum ada, kalau madinah van java baru kali ini,” katanya.

Wakil Gubenur juga mengucapkan terima kasih karena Gus Ipul sudah bersedia menjadi dewan pembina IPHI dan juga KH. Sofyan Lutfi sebagai ketua serta juga tokoh tokoh yang sangat luar biasa.

” Dimata saya IPHI ini bukan organisasi yang hirarkis, ini organisasi yang sangat cair, sangat legaliter, dan kekuatannya disini ada ditokoh-tokoh yang luar biasa,” pungkasnya. (Aga)