Perempuan Kepala Keluarga Perlu Afirmasi Dari Pemerintah Dan Keterlibatan Berbagai Pihak.

Angga Ardiansyah – Ramapati Pasutuan

Pasuruan, Kamis 11/11/2021

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf saat memberi arahan diacara sosialisasi PEKKA

Ramapati Pasuruan- Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat membuka acara Sosialisasi Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga ( PEKKA) Kota Pasuruan Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kamis (11/11/2021).

” Program ini akan berhasil tentunya dengan dukungan dan partisipasi seluruh perangkat daerah Camat Lurah dan juga masyarakat,” kata Bu Nyoman

Sementara peserta sosialisasi pemberdayaan perempuan kepala keluarga tahun 2001 ini diikuti oleh perangkat daerah terkait antara lain Dinas tenaga kerja, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan usaha mikro serta Dinas sosial, Camat se Kota Pasuruan, Lurah se Kota Pasuruan, perwakilan masing-masing pemberdayaan perempuan perlindungan se Kota Pasuruan.

Dalam arahannya Gus Ipul mengatakan
para perempuan kepala keluarga ini perlu afirmasi dari pemerintah, dimana Camat dan Lurah harus punya kepedulian dan kepekaan terhadap upaya pemerintah yang harus hadir di tengah-tengah masalah-masalah yang dihadapi oleh perempuan kepala keluarga.

“Keberadaan perempuan kepala keluarga harus diperkuat dengan pengorganisasian yang terstruktur di tingkat kelurahan, untuk itu kehadiran Lurah disini itu penting, “ jelas Gus Ipul

Gus Ipul juga mengatakan bahwa pelaksanaan program ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak tidak hanya pemerintah tetapi juga peran serta dan dukungan masyarakat antara lain dunia usaha, media massa dan lembaga masyarakat yang tergabung dalam tim jejaring pemberdayaan perempuan kepala keluarga kota pasuruan.

” Saya bersyukur di sini sudah ada Serikatnya sebagai simbol perempuan yang tangguh dan tak mudah menyerah,” ujar Gus Ipul.

Berdasarkan hasil pendataan perempuan kepala keluarga (PEKKA) yang dilaksanakan oleh dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana (DP3AKB) dengan melibatkan PPKBK dan sub PPKBK di kelurahan, diperoleh data perempuan kepala keluarga (PEKKA) kota pasuruan per mei 2021 sejumlah 7.131 orang. (Aga)