Akhirnya Kota Pasuruan Memiliki Tempat Instalasi Pembuangan Lumpur Tinja Yang Canggih.

Angga Ardiansyah – Ramapati Pasuruan

Pasuruan, Rabu 29 Desember 2021

Gedung IPLT Blandongan yang akan difungsikan sebagai tempat pengolahan lumpur tinja dari rumah warga

Ramapati Pasuruan– Pembangunan IPLT (instalasi pembuangan lumpur tinja) di Kota Pasuruan yang sudah berjalan mulai bulan Mei sampai bulan Desember dengan dana mencapai 5,6M ini selesai sudah.

Pembangunan IPLT ini sendiri merupakan program pusat yang lokasinya berada di sekitar TPA (tempat pembuangan akhir) di Kelurahan Blandongan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan.

“Fungsi dari IPLT ini sendiri nantinya sebagai tempat pengolahan lumpur tinja dari rumah warga yang sebelumnya sudah disedot oleh tangki pengedot, yang mana dari tangki itu langsung di proses di IPLT kemudian dari hasil akhir tinja ini untuk ampasnya dijadikan pupuk untuk airnya sendiri akan dibuang dengan menghasilkan air yang sudah aman atau tidak mengandung bakteri,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Dyah Ermitasari, ST, MT melalui Kabid Perumahan Air Minum dan air limbah Budi Santoso saat ditemui diruangannya.

Masih menurut Budi pembangunan IPLT ini sendiri akan diresmikan penggunaannya setelah sarana dan prasarana pendukung lainnya sudah tercukupi.

“Untuk sekarang proses pembangunan fisik dan tempat pemprosesan lumpurnya sudah hampir selesai semua, tinggal sarana dan prasarana pendukung lainnya, sementara pembangunan ini sesuai kontrak akan selesai pada akhir bulan Desember ini,” ujarnya.

Budi menambahkan untuk sarana dan prasarana pendukung lainnya yang belum ada diantaranya mobil tangki besar dan motor roda tiga untuk penyedotan dari rumah kerumah.

“Kita masih menunggu sarana transportasi berupa mobil tangki dan motor tangki roda tiganya. Kalau semua sudah lengkap IPLT akan difungsikan dengan berdasarkan Perda yang ada nantinya,” pungkasnya. (Aga)