Penuhi Target Penerimaan PBB-P2 Mobil Layanan Pajak Bapenda Fasilitasi Di Waktu Siang Dan Malam Hari.

Pasuruan, Senin 28 Februari 2022

Warga Petahunan memanfaatkan layanan pajak daerah yang hadir bersamaan dengan pembagian bansos BPNT di Kelurahan Petahunan

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan– Pemkot Pasuruan terus bergerak dalam rangka memenuhi target pencapaian penerimaan dari Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) melalui Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kota Pasuruan.

Melalui Mobil layanan pajak daerah Bapenda, tim menjemput kelapangan atas permintaan dari Lurah dan juga agenda rutin Bapenda sendiri.

“Saya berkoordinasi dengan Bapenda untuk mendatangkan tim kelapangan saat pelaksanaan pembagian bantuan sosial BPNT ke Pendopo Kelurahan Petahunan, setelah ada sinyal tidak ada masalah walaupun SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang) tahun 2022 belum dibagikan kepada warga,” kata M. Agus Setyono, SH saat ditemui di ruangannya. Senin (28/2/2022)

Ditanya terkait penerimaan PBB-P2 di Kelurahan Petahunan Agus menuturkan selama ini cukup bagus dan sangat minim warganya yang tidak melakukan kewajibannya untuk membayar PBB.

“Alhamdulillah, dari penerimaan PBB-P2 di mobil layanan pajak daerah hari ini, Bapenda bisa mendapatkan pemasukan dari pembayaran PBB-P2 hari ini mencapai Rp.3 juta rupiah,” lanjutnya.

Layanan mobil pajak daerah Bapenda juga melakukan jemput bola tidak hanya di jam kerja pada siang hari, tapi juga pada malam hari.

Di daerah Kelurahan Krapyakrejo beberapa hari yang lalu tim lapangan dengan mobil layanan pajak juga melakukan fasilitasi penerimaan pajak yang bertempat di Perumahan Graha Indah.

Menurut Lurah Krapyakrejo Alifah Nurma, SH menyatakan, dalam upaya peningkatan target pembayaran PBB-P2 dan mobil layanan pajak dari Bapenda ini memang juga agenda rutinnya Bapenda. Sementara pihak kelurahan hanya memfasilitasi lokasi dan tanggal berapa bisa dilaksanakan.

“Untuk yang beberapa hari lalu mobil layanan pajak kami tempatkan di taman Rt 4 Rw 7 untuk melayani pajak yang terhutang atau pajak yang belum terbayar pada tahun sebelumnya. Tapi alhamdulillah warga Krapyakrejo walaupun belum dapat SPPT banyak yang sudah membayar PBB-P2nya untuk tahun 2022,” ujarnya

Sementara salah satu petugas dari Bapenda Taslim menuturkan antusias warga Kota Pasuruan masih sangat tinggi untuk memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak khususnya melakukan pembayaran Pajak Bumi Bangunan.

“Kami dari pihak Bapenda siap memberikan layanan mobil keliling bila dibutuhkan oleh kelurahan, untuk memenuhi target penerimaan PBB-P2 di masing-masing kelurahan,” ungkapnya.