Keberadaan Masjid Tiban Di Kelurahan Sekargadung Yang Sekarang Tinggal Sejarah.

Pasuruan, Selasa 1 Maret 2022

Salah satu peninggalan Masjid Tiban berupa kuncung Masjid yang ada di Kelurahan Sekargadung

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan– Sejarah keberadaan tempat ibadah yang tiba-tiba ada tanpa ada yang membangunnya (Masjid Tiban) sebenarnya bukan sesuatu yang aneh pada masa itu, masa dimana nenek moyang kita dan sampai sekarang masih ada wujud ataupun bentuk nyatanya.

Tapi tidak banyak orang mengetahuinya kalau di Kota Pasuruan juga pernah punya sejarah terkait adanya Masjid Tiban tersebut.

Masjid Tiban Al- Khoiruman namanya, terletak di daerah Sekargadung tepatnya di Rt 3 Rw 2 Kelurahan Sekargadung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan.

Menurut salah satu warga yang bertempat tinggal disekitar Masjid Tiban tersebut Bapak Saiful (53) menuturkan, Konon Keberadaan Masjid Tiban tersebut sudah ada sejak jaman mbah-mbahnya waktu masih ada dan Saiful sendiri sejak kecil juga tahu tentang keberadaan Masjid Tiban tersebut.

“Sejak saya kecil Masjid Tiban tersebut sudah ada, dan saya sering ngaji, sholat juga sering ada di tempat itu bersama teman-teman yang lain,” katanya.

Menurut Saiful keberadaan Masjid Tiban dikampungnya ini juga penuh dengan cerita mistis, banyak kejadian-kejadian aneh yang juga dialami oleh teman-temannya.

“Saya dulu sering sekali menolong teman yang sedang mengalami kejadian misterius, seperti teman saya tiba-tiba pingsan di lantai dua Masjid setelah sadar dia cerita kalau melihat sesosok hitam legam dan sangat besar katanya. Dan banyak cerita lainnya yang akhirnya banyak orang kampung disini menyebut Masjid Tiban ini sangat werit,” ujarnya.

Saiful menjelaskan sampai dewasapun saya masih sering sholat di Masjid Tiban, karena memang waktu itu cuma ada 1 Masjid dikampung ini.

“Seingat saya ukuran asli Masjid Tiban itu sekitar 10 M² dengan 4 tiang yang sangat besar dengan bahan kayu jati, kemudian oleh orang kampung masjid tersebut dibuat lebih lebar dengan dibangun disisi samping masjid agar bisa menampung lebih banyak lagi jama’ah yang mau sholat,” tambahnya.

Masih menurut Saiful sekitar tahun 2013 Masjid Tiban dibangun dan semua bahan baik kayu ataupun cagak masjid yang terbuat dari kayu jati tersebut katanya dijual dan sekarang yang tersisa hanya kuncung masjid dan sumur.

“Semua peninggalan Masjid Tiban tersebut sudah tidak ada, tinggal kuncung dan sumurnya saja yang pada masa dulunya itu air didalam sumur tersebut tidak pernah kering padahal diwilayah lainnya mengalami kekeringan,” tuturnya.

Dari penelusuran tim liputan Ramapati ke lokasi Masjid Tiban tersebut, fakta yang ada sekarang memang tempat Masjid Tiban tersebut sudah berdiri Masjid besar 2 lantai dan modern dan masih dalam tahap pembangunan. Didepan ada papan kecil bertuliskan Masjid Al -Khoiruman

Tim liputan juga ditemani pak Saiful melihat langsung sisa peninggalan Masjid Tiban tersebut berupa kuncung Masjid dimana sekarang diletakkan dilantai 2 Masjid yang masih terus dibangun. Serta sebuah sumur yang sudah di tutup dan dipakai sebagai sumber penampungan air dengan menggunakan alat penyedot (sanyo) yang letaknya ada di bawah lantai dasar masjid dan berada disisi depan atau utara Masjid.

Rasa penasaranpun belum terwujud, karena keingintahuan bentuk dan wujud Masjid Tiban tersebut, bersama pak Saiful akhirnya tim liputan mendatangi ketua panitia pembangunan Masjid yang ada di RT 4 Rw 3. Tapi lagi-lagi penasaran tidak terwujud karena kami hanya mendapatkan gambar Masjidnya dalam sebuah proposal dengan warna hitam putih.