Presiden Jokowi Apresiasi Hasil Handicraft Kota Pasuruan dalam Pameran INACRAFT Di Balai Sidang JCC.

Pasuruan, Rabu 23 Maret 2022

Presiden Joko Widodo kunjungi stand Pemkot Pasuruan yang langsung disambut Ibu Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf. Foto (Disperindag)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan– Gelaran perhelatan pameran INACRAFT ( Jakarta International Handicraft Trade Fair ) tahun 2022 yang di selenggarakan di Balai Sidang JCC  hari ini di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Rabu (23/3/2022)

Dikutib dari laman Tribunnews.com
Pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara ini diikuti oleh 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN dan 150 toko secara daring.

Kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring dan digelar pada 23-27 Maret 2022 mendatang.

Inacraft merupakan pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang dilaksanakan di Jakarta setiap tahunnya.

The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) pertama kali diselenggarakan pada bulan April 1999.

Dikutip dari Inacraft.co.id, Inacraft digagas oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI). Adapun terdapat sejumlah tokoh penting yang melahirkan INACRAFT.Seperti Alm. Rudy Lengkong, Alm.H. Sjahroel Sjamsoedin, Alm.Sukartono, Thamrin Bustami, Bramantyo W. dan Hariman T. Zagloel.

Dalam Pameran INACRAFT kali ini Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) turut serta untuk memperkenalkan produk dari para IKM Kota Pasuruan.

Kepala Disperindag Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah melalui Kasie. Pengembangan Perdagangan Bayu Wika saat dikonfirmasi melalui WhatsApp menyatakan, pembukaan Pameran INACRAFT hari ini oleh Presiden RI Joko Widodo berjalan lancar.

Setelah selesai membuka pameran Joko Widodo menyempatkan untuk berkeliling melihat stand atau outlet para pengrajin handicraft dan dari ratusan stand yang ada Presiden Joko Widodo mendatangi stand Pemerintah Kota Pasuruan yang disambut langsung oleh Ibu Wali Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf.

“Alhamdulillah Pak Presiden bisa mampir ke stand Pemkot Pasuruan yang langsung disambut Ibu Wali Kota, Presiden memuji produk IKM Kota Pasuruan dan memberi respon yang sangat baik,” kata Bayu.

Menurut Bayu Pemerintah Kota Pasuruan dalam Pameran INACRAFT tahun ini membawa beberapa produk unggulan IKM Kota Pasuruan dan juga hasil kerajinan WBP Lapas 2B Pasuruan.

“Kami membawa kerajinan batik tulis dan juga eco print, kerajinan logam, kerajinan sepatu bordir, kerajinan olahan kayu bekas dan lain-lain,” ujarnya.

Terakhir Bayu atas nama Pemkot Pasuruan dalam hal ini Disperindag berharap agar para IKM Kota Pasuruan bisa semakin berdaya saing, makin maju dalam segi kualitas dan semakin meningkat omsetnya.

Pameran INACRAFT ( Jakarta International Handicraft Trade Fair ) tahun 2022 Mengusung tema Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market, INACRAFT 2022.