Peserta Bromo Kom Challenge Pit Stop di Gedung Bersejarah Harmonie di Kawasan Heritage Kota Pasuruan.

Pasuruan, Sabtu 21 Mei 2022

Wakil Wali Kota Pasuruan memberangkatkan peserta Bromo Kom Challenge setelah pit stop di kawasan Gedung Harmonie Kota Pasuruan

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan – Kota Pasuruan sebagai salah satu Kota yang terus berkembang, berusaha terus berbenah demi membangun semua sektor yang ada. Dimana fokus pembangunan Kota Pasuruan saat ini menitik beratkan pada pembangunan sektor pariwisata.

Potensi wisata yang sudah ada di Kota Pasuruan yaitu berupa wisata religi, wisata heritage dan wisata bahari. Potensi-potensi ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Kota Pasuruan sesuai harapan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Potensi wisata ini juga semakin didukung dengan adanya inovasi event-event pariwisata yang terus diadakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan, salah satunya event Bromo Kom Challenge yang diikuti sekitar 1.000 cyclist dari seluruh Indonesia yang diwakili 342 komunitas dari 135 kota di 30 provinsi se-Indonesia.

Di cuplik dari laman Surya.co.id Kegiatan Bromo KOM Challenge 2022 dimulai atau start dari Mapolda Jawa Timur (Jatim) di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, pukul 06.00 WIB, Dari Mapolda, cyclist bergerak ke selatan menuju Kabupaten Sidoarjo. Setelah melalui Jembatan Porong, yang berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan, peserta belok kiri ke arah Gempol. Lalu peserta melaju ke arah timur, melalui Beji, Bangil, dan Kraton. Kemudian belok kanan ke Jalan Pahlawan di Kota Pasuruan.
Peserta akan beristirahat di pit stop yang bersejarah, di Gedung Harmonie.

“Dengan adanya event ini akan semakin mengembangkan jangkauan posisi pasar bagi pariwisata Kota Pasuruan,” kata H. Basuki Kadisparpora Kota Pasuruan, saat dikonfirmasi. Sabtu (21/5/2022).

Peserta Bule juga ikut memeriahkan acara Bromo Kom Challenge hari ini

Lebih lanjut Basuki menyatakan, Kota Pasuruan sendiri sebagai salah satu gerbang utama dalam jalur pariwisata Nasional, Bromo Tengger Semeru, menawarkan banyak pemandangan spot-spot cantik dan elok yang bisa dinikmati oleh peserta Bromo Kom Challenge, salah satunya yaitu Gedung Harmoni yang berada di Kawasan Heritage Kota Pasuruan, yaitu kawasan Kota Tua yang dahulunya menjadi embrio lahirnya sejarah kemegahan Kota Pasuruan.

“Dengan suasana Kawasan Heritage yang asri dan elok ini, diharapkan dapat memberikan semangat kepada para peserta dalam mengikuti event Bromo Kom Challenge. Dan nantinya dapat menjadi pengalaman khusus dan unik bagi peserta yang juga dapat disampaikan kepada rekan-rekan lainnya bahwa menikmati olahraga di tengah suasana Kawasan Heritage sangatlah menyenangkan seperti pesan Wali Kota Pasuruan,” harapnya.

Selain event ini, kedepannya Kota Pasuruan masih memiliki banyak event-event menarik lainnya.

“Seperti yang sering disampaikan Gus Ipul dalam beberapa event yang sudah dilaksanakan, Pemkot sangat mengharap dukungan dari seluruh masyarakat Kota Pasuruan khususnya dan bahkan seluruh masyarakat Indonesia agar dapat memeriahkan seluruh event-event yang kami adakan. Mari Ke Kota Pasuruan saja jika ingin menikmati indahnya sensasi perpaduan wisata religi, heritage dan bahari. Kami tunggu kedatangannya di Kota Pasuruan,” imbuh Basuki

Terakhir Kadisparpora mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Bromo Kom Challenge tahun 2022.

“Dan kepada seluruh peserta Bromo Kom Challenge saya ucapkan selamat berolahraga, tetap utamakan keselamatan, tetap jaga prokes dan tetap semangat, Selamat menikmati indahnya Kota Pasuruan. Sukses bagi acara Bromo Kom Challenge, sukses bagi peserta, dan Semangat,” pungkasnya.