PMI Jatim Bersama PMI Kota Pasuruan Lakukan Spraying Disinfektan Dengan Truk Gunner

Angga Ardiansyah – Ramapati Pasuruan

Pasuruan, Jum’at 30 Juli 2021

Truk Gunner Provinsi Jatim melakuka spraying disinfektan

Ramapati Pasuruan- Menindaklanjuti surat dari pengurus provinsi Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur tertanggal 12 Juli 2021 dengan nomor surat 0920/ 02.06.00/Yankes/VII/2021 perihal penyemprotan disinfektan.

Mengingat penyebaran covid-19 di Jawa Timur mengalami peningkatan yang signifikan, PMI Provinsi Jawa Timur akan melakukan langkah-langkah dalam rangka membantu Pemerintah untuk menekan laju perkembangan virus Covid-19 dengan melakukan spraying disinfektan dengan menggunakan armada truk gunner.

Selanjutnya PMI Kota Pasuruan yang bermarkas di Dr. Wahidin Sudirohusodo no. 119 Pasuruan mengadakan rapat koordinasi persiapan kegiatan penyemprotan disinfektan yang dihadiri Kepala bidang pelayanan darah/ UDD PMI Kota Pasuruan, Kepala bidang penanganan bencana PMI Kota Pasuruan, Kepala bidang kesehatan dan sosial PMI Kota Pasuruan, Kepala bidang anggota dan relawan PMI Kota Pasuruan, Sekretaris PMI Kota Pasuruan, Bendahara PMI Kota Pasuruan dan Kasie kedaruratan dan logistik BPBD Kota Pasuruan pada hari Kamis 29 Juli 2021.

Hasil rapat tersebut menghasilkan kesepakatan dimana pelaksanaan spraying disinfektan dilaksanakan 2 hari yaitu dimulai Jum’at mulai jam 13.00 Wib sampai selesai dan sabtu mulai jam 09.00 Wib sampai selesai.

Di hari pertama tim PMI Kota Pasuruan yang berkolaborasi dengan BPBD Kota Pasuruan bergerak menyusuri beberapa ruas jalan di wilayah kota Pasuruan mulai dari markas PMI di Dr. Wahidin menuju ke Sunan Ampel, melewati Perumnas Bugul, Krampyangan, Bakalan, Sekargadung, tembok, Jalan untung suropati, urip sumoharjo, bukir, sebani, gentong, jalan Soekarno Hatta, Kumala, Mayangan, Mandaran, Pelabuhan, Bugul Lor, Bugul Kidul, Sultan Agung dan Finish di Markas PMI Kota Pasuruan kembali.

Saat dikonfirmasi tentang kegiatan ini Sekretaris PMI Kota Pasuruan M. Rusmin Noeryadin, S.STP, MM mengatakan acara ini merupakan agenda dari PMI Provinsi Jawa Timur yang selanjutnya di tindaklanjuti oleh PMI Kota Pasuruan dalam rangka membantu Pemerintah Daerah untuk menekan penyebaran covid-19 khususnya di Kota Pasuruan.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu jalan menekan penyebaran covid-19 karena salah satu penyebaran virus ini juga bisa melalui udara.
” PMI Kota Pasuruan cuma menjalankan program dari PMI Provinsi Jawa Timur, dan kami juga berkolaborasi dengan BPBD Kota Pasuruan yang ikut melakukan penyemprotan dengan menggunakan motor penyemprotan disinfektan 1000 liter yang baru diresmikan Wali Kota Pasuruan beberapa hari yang lalu untuk mensupport Truk Gunner dari Provinsi,” ujarnya.

Lebih lanjut Rusmin mengatakan untuk hari kegiatan berjalan lancar dan kegiatan yang sama akan dilakukan besok pagi mulai pukul 09.00 Wib. (Aga)