MTQ Tingkat Kota Pasuruan Dimulai, Ratusan Peserta Antusias Ikut Beberapa Cabang yang Dilombakan.

Pasuruan, Senin 21 November 2022

Salah satu qira’ terbaik tingkat nasional asal Kota Pasuruan melantunkan ayat suci Al- Qur’an dalam Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Kota Pasuruan.

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Penyelenggaraan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Pasuruan tahun 2022 dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pengetahuan dan kemampuan para Qori’, Qori’ah, Hafidz dan Hafidhoh serta kemampuan untuk mengkaji Al-Qur’an.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Kota Pasuruan Muchamad Solehudin, S. Sos menyatakan tujuan kegiatan MTQ tingkat Kota Pasuruan 2022 ini untuk mendapatkan generasi Qur’an dan meningkatkan ukhuwah islamiyah melalui budaya baca Al- Qur’an serta pemahaman isi dan kandungan Al- Qur’an.

“Pelaksanaan MTQ tingkat Kota Pasuruan tahun dua ribu dua dua juga bertujuan membangun dan memperkuat citra positif islam di Indonesia secara global,” ujarnya. Senin (21/11/2022)

Menurut Soleh kegiatan MTQ ini dilaksanakan dari tanggal 21 sampai 23 November 2022 yang bertempat di beberapa lokasi diantaranya; Gedung pertemuan Universitas PGRI Wiranegara, Aula SMAN 2, Aula PCNU, Aula Kemenag, Gedung Wolu dan Aula Ma’had MAN Kota Pasuruan.

“Dari beberapa lokasi tersebut sebanyak dua ratus dua dua peserta akan disebar untuk perorangan dan dua puluh empat group,” tambah Soleh.

Soleh menjabarkan dari MTQ perorangan dan group ini dirinci untuk peserta percabang yang dilombakan, yaitu:
A.Perorangan

  • Musabaqoh Tilawatil Qur’an golongan anak pria- wanita 33 peserta.
  • Musabaqoh Hifdzil Qur’an golongan 10 juz 31 peserta
  • Musabaqoh Hifzil Qur’an golongan 20 juz 14 peserta
  • Musabaqoh Tilawatil Qur’an golongan remaja pri-wanita 33 peserta
  • Musabaqoh Khot Al-Qur’an golongan hiasan mushaf 6 peserta
  • Musabaqoh Khot Al-Qur’an golongan kontemporer 16 peserta
  • Musabaqoh karya tulis Al-Qur’an 14 peserta
  • Musabaqoh Hifdzil Qur’an golongan 1 jus tilawah 24 peserta
    Dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an pria-wanita 33 peserta.

Sementara untuk group dibagi menjadi Musabaqoh Fahmil Qur’an 13 group dan Musabaqoh Syahril Qur’an sebanyak 11 group.

“Dari beberapa cabang yang dilombakan tersebut akan di nilai oleh dewan hakim yang melibatkan dua puluh empat orang dari LPTQ Kota Pasuruan yang hari ini mereka juga akan diambil sumpahnya,” pungkas Soleh.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka secara resmi MTQ tingkat Kota Pasuruan tahun 2022 yang bertempat di gedung Universitas PGRI Wiranegara Kota Pasuruan.

Gus Ipul merasa berbahagia karena MTQ tingkat Kota bisa terlaksana secara rutin dan juga merasa bangga kepada peserta yang sudah ikut MTQ dan mereka berhak mendapatkan apresiasi.

“Berprestasi itu tidak harus menjadi juara dan mendapat tropi, yang utama itu punya kesempatan, talenta dan kemampuan untuk menyuguhkan keterampilannya kepada publik dan berani menggunakan panggung itu sebaik- baiknya,” harap Gus Ipul.