3.022 Titik PJU di Wilayah Kota Pasuruan Sudah Gunakan Lampu LED.

Pasuruan, Selasa 06 Desember 2022

Petugas PJU sedang melakukan penggantian lampu LED 40 watt yang ke 6 di jalan Trunojoyo Kota Pasuruan. (Foto) Upt. PJU Dishub Kota Pasuruan

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Dalam rangka indah kotanya dan memberikan penerangan jalan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan bagi pengguna lalu lintas dan untuk warga pemukiman diwilayah Kota Pasuruan.

Pemkot Pasuruan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan peremajaan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Hery Sujatmiko melalui Kepala UPT PJU Dishub Kota Pasuruan M. Yusuf menyatakan pihaknya terus melakukan pemantauan secara mobile untuk memastikan disetiap jalanan di wilayah Kota Pasuruan lampu PJU tetap aman dan jika dilalui pada malam hari tidak ada yang merasa terancam bahaya karena kendala PJU yang padam

Menurut Yusuf dari data terakhir perbulan November 2022 ada 3.022 titik PJU yang terpasang di wilayah Kota Pasuruan dan semuanya masih berfungsi.

“Data bulan November 2022 ada 3.022 titik PJU dan semuanya berfungsi dengan memakai lampu LED dengan kekuatan 40 Watt,” ujarnya.

Selain petugas PJU mobile dan monitoring PJU untuk melakukan pemantauan, pihaknya juga sering mendapatkan laporan dari masyarakat. Misalnya ada lampu yang padam atau ada tiang yang roboh.

“Dari petugas survey dan monitoring PJU serta laporan masyarakat,” katanya.

Mulai awal 2022 ini pihaknya telah melakukan peremajaan PJU sekitar 580 titik, menurut Yusuf peremajaan dilakukan bergantung dari kondisi kerusakan dilapangan. Misalnya penggantian tiang, lampu ataupun jaringannya.

“Dengan peremajaan ini diharapkan setiap jalanan di Kota Pasuruan tetap terang dan nyaman dilalui saat malam hari,” pungkasnya.