Duri Bandeng Disulap Menjadi Camilan, Omset Perbulannya Capai Jutaan Rupiah.

Pasuruan, Kamis 08 Desember 2022

Ibu ibu Kelompok UMKM Jelak Joyo Food sedang memproses duri ikan bandeng dijadikan stick

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Ibu- ibu yang tergabung dalam kelompok UMKM Jelak Joyo Food didusun Jelakrejo Kelurahan Blandongan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan berhasil menyulap duri bandeng menjadi camilan lezat nan bergizi tinggi.

Kreatifitas kelompok UMKM Jelak Joyo Food ini bisa menghasilkan cuan jutaan rupiah dalam sebulannya.

Duri bandeng, bagian ikan yang sering dibuang itu bisa jadi camilan stik duri bandeng, seperti apa proses pembuatannya?

Salah satu anggota UMKM Jelak Joyo Food, Shofiyatul Khusna saat dikonfirmasi mengatakan, ide membuat stik duri bandeng ini muncul sejak 2020. Adanya pandemi memicu 9 ibu-ibu Kampung Jelak berinovasi.

Awalnya mereka hanya memproduksi olahan sate bandeng jelak hingga bandeng jelak bakar. Namun, melihat banyak sisa duri ikan yang terbuang, mereka berpikir bagaimana caranya agar seluruh bagian ikan bandeng bisa dimanfaatkan. Apalagi duri bandeng yang biasanya dibuang, tapi tidak banyak orang yang tahu ternyata masih mengandung kalsium yang bergizi tinggi.

“Kami berinovasi, gimana caranya duri ini tidak dibuang, kan ada kalsiumnya bagus buat tulang, akhirnya kepikiran dibuat camilan stik,” ujar Shofi.

Untuk membuat satu kilo camilan stik duri bandeng, dibutuhkan duri dari 12 ekor ikan bandeng. Duri-duri ikan bandeng ini dipisahkan dari daging, kemudian dipresto hingga lunak.

Duri bandeng yang lunak lalu diblender hingga halus. Setelah diblender, duri bandeng dicampur dengan adonan tepung terigu, maizena, telur, margarin, dan bawang putih sebagai penyedap rasa. Adonan kemudian dicetak di mesin penggiling, lalu digoreng dan dicampuri bumbu rasa-rasa.

“Untuk rasa, kami ada dua. Yaitu rasa orisinal dan balado,” ungkapnya.

Harganya pun sangat terjangkau. Untuk satu bungkus stik duri bandeng kemasan 250 gram, dijual dengan harga Rp15 ribu. Menurut Shofiyatul, hingga kini stik duri bandeng sudah banyak laku dipasarkan secara online di wilayah Pasuruan dan sekitarnya.

Apalagi menjelang perayaan hari besar dan tahun baru, stik duri bandeng ini laris manis dipesan. Dalam satu bulan, omzetnya bisa mencapai jutaan rupiah.

“Ramenya pas ada pameran sama hari-hari tertentu, kayak akhir tahun ini bisa laku sampai 250 bungkus sebulan,” pungkasnya.