Beberapa Makam Tokoh yang Dikeramatkan di Kota Pasuruan Masuk Pelestarian Cagar Budaya.

Pasuruan, Senin 12 Desember 2022

Makam Mbah Slagah salah satu yang masuk dalam Pelestarian Cagar Budaya di Kota Pasuruan.

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Selain Cagar Budaya berupa Bangunan dan Kawasan diKota Pasuruan yang sudah di verifikasi dan yang masih dalam tahap verifikasi oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Jawa Timur.

Di Kota Pasuruan juga memiliki beberapa tempat/lokasi Pelestarian Cagar Budaya yang sudah terdata di bidang kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan. Dimana beberapa lokasi yang semuanya merupakan lokasi makam para tokoh yang dikeramatkan dan saat ini berstatus/peringkat Kota Pasuruan.

Beberapa lokasi Pelestarian Cagar Budaya yang masuk status/peringkat Kota Pasuruan diantaranya: Makam Mbah Slagah, Makam Mbah Wali Diran, Makam Mbah Mas Khotib, Makam Nyai Sepuh, Makam Mbah Darmuyudo, Makam Habib Alwi, Makam Mbah Sulaiman, Makam Untung Suropati Barat, Makam Untung Suropati Timur dan Makam Mbah Surga Surgi.

“Itu makam tokoh yg dikeramatkan jadi dianggarkan honor untuk juru makam agar merawat makam tersebut,” kata Agus Budi Darmawan Kepala Bidang Kebudayaan pada Dispendikbud Kota Pasuruan.