Puncak HKN ke- 58 Kota Pasuruan, Gelar Gerakan Serentak Minum Tablet Tambah Darah.

Pasuruan, Selasa 20 Desember 2022

Gus Ipul menyerahkan penghargaan bidang kesehatan kepada tenaga kesehatan, kader kesehatan, puskesmas dan kelurahan yang telah berdedikasi untuk meningkatkan derajat kesehatan.

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 Nopember, tahun ini puncak peringatan HKN ke- 58 Pemkot Pasuruan di pusatkan di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan, Selasa (20/12/2022).

HKN Kota Pasuruan hari ini mengusung tema ‘Bangkit Indonesia, Sehat Negeriku, Resik Kotaku, Sehat Kota Pasuruanku’.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sherly Marlena, tema ini sebagai semangat untuk bangkit kembali sehat, beraktivitas dan produktif setelah masa pandemi covid-19.

“Kegiatan ini sebagai semangat untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari- hari menuju kemandirian masyarakat untuk hidup sehat,” ujarnya.

Menurut Sherly tujuan kegiatan ini secara umum untuk menjalin komitmen bersama dan peran serta dari semua pihak baik organisasi pemerintah, swasta, akademisi, praktisi dan masyarakat untuk berperan serta dalam upaya pembangunan kesehatan dengan memprioritaskan promotif- preventif, tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif.

“Tujuan khususnya sebagai momentum untuk menbangun kesadaran akan pentingnya kesehatan dengan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat,” tambahnya.

Sementara itu rangkaian kegiatan HKN ke-58 di Kota Pasuruan sudah dimulai bulan November antara lain: Gemativa (gerakan bersama tes IVA) oleh kader PKK tanggal 24 – 25 Oktober dan tanggal 9 November 2022.

Ada juga deteksi dini penyakit TBC pada pondok pesantren pada tanggal 24 Oktober 2022, Talk Show komunitas peduli HIV/AIDS dan penyerahan bantuan untuk ODHA pada tanggal 1 Desember, penguatan deteksi dini tumbuh kembang balita bersama PKK pada tanggal 9 November dan Seminar diabetes melllitus pada tanggal 15 November 2022.

Untuk puncak HKN hari ini menurut Sherly pihaknya menggelar beberapa kegiatan, antara lain:

  1. Launching gerakan serentak minum tablet tambah darah bagi siswi sekolah yang dipandu oleh Ibu Wali Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf sebagai Duta Stunting Kota Pasuruan yang diikuti oleh 1000 siswi SMP/SMA se- Kota Pasuruan.
  2. Penyerahan bantuan bagi balita stynting.
  3. Penyerahan penghargaan bidang kesehatan kepada tenaga kesehatan, kader kesehatan, puskesmas dan kelurahan yang telah berdedikasi untuk meningkatkan derajat kesehatan.
  4. Senam resik- resik bersama sebagai kampanye untuk mengajak masyarakat hidup bersih dan sehat sebagai wujud reorientasi pelayanan kesehatan yang mengedepankan upaya promotih dan preventif.
  5. Pasuruan public health fair, gebyar layanan kesehatan dan pameran bidang kesehatan, dengan menggelar pelayanan kesehatan gratis, pemeriksaan laborat gratis, gebyar imunisasi, pemeriksaan HB untuk deteksi Anemia bagi 1000 anak sekolah, layanan vaksinasi dan layanan pelangi (pelayanan pengaktifan KIS walaupun mempunyai tunggakan premi).

“Dari rangkaian kegiatan puncak HKN ke- 58 ditutup dengan malam kolaborasi insan kesehatan dan masyarakat pada malam nanti, sebagai wujud apresiasi kepada tenaga kesehatan, kader kesehatan dan masyarakat yang sudah bahu membahu bersama menghadapi pandemi covid-19 dan mewujudkan pembangunan kesehatan di Kota Pasuruan,” pungkasnya.

Kegiatan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Kota Pasuruan hari ini dibuka langsung secara resmi oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)