Pemkot Pasuruan Kembali Raih WTP yang ke- 3 Kalinya Berturut- turut dari BPK

Pasuruan, Jum’at 26 Mei 2023

Kepala BPK Ri perwakilan Jawa timur Karyadi menyerahkan LHP atas LKPD Pemkot Pasuruan tahun anggaran 2022 kepada Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf. (foto:diskominfotik)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke- 3 berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas laporan keuangan Pemkot Pasuruan tahun anggaran 2022.

LHP atas LKPD Pemkot Pasuruan Tahun Anggaran 2022 tersebut diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur, Karyadi kepada Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur, Jl. Raya Ir. H Juanda Kabupaten Sidoarjo, Kamis (25/5/2023).

Atas capaian tersebut, Gus Ipul menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kerja keras seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pasuruan.

“Terimakasih kepada seluruh ASN Kota Pasuruan yang telah berjuang agar kita tetap mendapatkan Opini WTP”, ujar Gus Ipul.

Meski demikian, Gus Ipul meminta kepada seluruh jajarannya untuk segera menindaklanjuti rekomendasi yang telah diberikan oleh BPK dalam LHP yang diterimakan hari ini.

“Kita akan tindak lanjuti catatan ini dan akan terus minta pendampingan dan masukan-masukan dari BPK terkait strategi terbaik mengatasi masalah ini” katanya.

Kedepan target Pemkot Pasuruan untuk bisa mempertahankan WTP ini sebagai bukti pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan profesional

“Target kita berikutnya WTP dengan TLRHP di atas 90 persen. Itu pekerjaan rumah kita,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur, Karyadi memberi mengapresiasi kepada seluruh entitas di Jawa Timur yang telah kooperatif sehingga pemeriksaan berjalan dengan lancar.

Karyadi juga mengingatkan terkait beberapa catatan yang ditemukan untuk dapat ditindaklanjuti dengan baik sehingga tata kelola keuangan menjadi lebih akuntabel.

“Alhamdulillah, terima kasih support dan kerjasamanya yang baik dari seluruh entitas di Jawa Timur, sehingga pemeriksaan ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya.