Peringatan HLUN Tingkat Jatim di Kota Pasuruan di Hadiri Wakil Gubenur

Pasuruan, Senin 29 Mei 2023

Perayaan Hari Lanjut Usia Nasional Provinsi Jatim di Kota Pasuruan, Wakil Gubenur Jatim menyerahkan kursi roda bagi warga lanjut usia. (foto: Diskominfotik)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat mengenai pentingnya apresiasi terhadap peran masyarakat lanjut usia atau lansia dalam pembangunan negara. Hari Lanjut Usia Nasional 2023 diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 Mei 2023 dengan mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.”

Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati HLUN tahun 2023 menggelar acara Hari Lansia di Kota Pasuruan, Senin (29/05/2023) bertempat di gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemprov. Jatim Dra. Restu Novi Wisiani, M M, terpilihnya Kota Pasuruan menjadi tempat perayaan Hari Lanjut Usia tingkat Nasional Provinsi Jawa Timur karena ada beberapa pertimbangan diantaranya: Kota Pasuruan merupakan Kota Ramah Lansia karena bapaknya adalah bapak pelindung lansia terbaik saat ini dan juga karena Karangwerdanya nomer satu se- Jawa Timur.

“Jadi tidak ada pilihan lain harus di Kota Pasuruan,” kata Restu.

Restu menyatakan bahwa tempat terbaik bagi lansia adalah ditengah-tengah keluarga tercinta.

Sementara itu Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (gus ipul) mengatakan bahwa salah satu ukuran keberhasilan pembangunan adalah meningkatnya Usia Harapan Hidup (UHH). Dimana, UHH di Kota Pasuruan maupun Provinsi Jatim terus meningkat, hal ini berarti pembangunan di Provinsi Jatim semakin berkemajuan.

Menurutnya, Kota Pasuruan sendiri memiliki program untuk lansia salah satunya yakni Sekolah Lanjut Usia Tangguh (selantang) yang sudah meluluskan sekitar 160 sarjana hebat dari lansia. Tahun ini Kota Pasuruan kembali menjadi model untuk program ToT untuk mendidik guru-guru atau mentor yang nantinya akan mengajar di Sekolah Lanjut Usia Tangguh.

“Kami terinspirasi dengan program BKKBN yang juga memberikan pendidikan untuk para lansia ini lewat selantang Tahun ini kami berencana ada sekitar 260 orang yang akan bersekolah di Sekolah Lanjut Usia Tangguh ini,” harapnya

Ke depan Gus Ipul berharap akan lebih banyak lagi para lansia yang ikut proses belajar di sekolah lansia tangguh ini.

Wagub Jatim menyerahkan penghargaan kepada Kepala Daerah Peduli Lanjut Usia 2023 kepada Wali Kota Pasuruan. (foto:diskominfotik)

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang hadir mewakili Gubenur Jawa Timur dalam arahannya mengatakan, bahwasanya mereka yang sudah memasuki kategori usia lanjut ini seyogyanya harus tetap menjadi bagian penting dari masyarakat. Untuk itu, bagaimana melakukan pemberdayaan bagi para lansia, kemudian bagaimana para lansia ini dilibatkan dalam kegiatan keseharian.

“Apa yang telah dilakukan Kota Pasuruan kepada para lansia ini adalah contoh-contoh dari best practice. Bagaimana kita membina kemudian tadi juga diperkenalkan beberapa hasil kerja dari dinas sosial yang menaungi para lansia ini,” ujarnya.

Wagub Emil turut menyerahkan sejumlah penghargaan. Yakni penghargaan Kepala Daerah Peduli Lanjut Usia Tahun 2023 kepada Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf, penghargaan lansia inspiratif tingkat Provinsi Jatim tahun 2023 yakni Niniek Koesni Rahadjeng, penghargaan Karang Werda Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 diantaranya Juara I diraih Karang Werda Sumber Asih, Kota Pasuruan.