Tandatangani Kerjasama dengan Dispendukcapil, Lapas Kelas IIB Pasuruan Siap Sukseskan PEMILU 2024

Pasuruan, Rabu 31 Mei 2023

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Lapas dengan dukcapil tentang layanan administrasi kependudukan dan pemuktahiran data kependudukan jelang Pemilu Serentak 2024

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan tentang layanan administrasi kependudukan dan pemutakhiran data kependudukan jelang Pemilu 2024.

Perjanjian kerjasama ini ditandai dengan Penandatangan Kerjasama (PKS) antara Kalapas Yhoga Aditya Kuswanto dengan Kadispendukcapil Siti Mariyam yang disaksikan juga perwakilan dari KPU dan Bawaslu serta turut hadir perwakilan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Dengan perjanjian kesepakatan ini Yhoga berharap pihak Lapas ingin melakukan perekaman warga binaan untuk persiapan Pemilu 2024 agar semua bisa melaksanakan haknya untuk melakukan pencoblosan secara serentak.

“Karena Pemilu ini acara lima tahunan dan cukup ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Dan warga binaan kami ini termasuk warga Negara Indonesia yang perlu kita fasilitasi,” ujar Yhoga. Rabu (31/05/2023)

Dan kegiatan pendataan warga binaannya ini sudah dimulai sejak sebelum-sebelumnya biar nanti dihari H nya pihaknya tidak terlalu berat.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sudah kami cicil, jadi nanti pas dihari H nya tidak terlalu berat atau tidak memfasilitasi hak-hak warga negara,” tambahnya.

Sementara itu Siti Mariyam mengatakan kerjasama ini dalam rangka perekaman KTP-el juga kroscek update data warga binaan.

“Kami berharap pada saat kita warga yang telah berhak mengikuti Pemilu itu bisa menyampaikan hak pilihnya,” ungkapnya.

Kerjasama ini kata Mariyam sebenarnya sudah lama dan juga sudah koordinasi dan kolaborasi sudah cukup lama tapi penandatanganan Kerjasama(PKS) baru sekarang

“PKS nya baru kali ini tapi kalau MoU bersama Wali Kota sudah dilaksanakan tahun kemarin,” imbuh Mariyam.

Sementara itu momen penantanganan kali ini juga dispenduk menyiapkan petugas layanan IKD untuk petugas Lapas yang belum pernah membuat aplikasi IKDnya.

“Hari ini baru pertama melakukan pelayanan di Lapas dan insyaallah semua petugas akan tergarap semua, dan kita bisa saksikan petugas Lapas hari ini seratus persen seluruh petugas sudah memiliki IKD,” pungkasnya.