Wakil Wali Kota Pasuruan Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila 2023

Pasuruan, Kamis 1 Juni 2023

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo bertindak sebagai inspektur upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023. (foto:diskominfotik)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2023 dengan melaksanakan Upacara Bendera yang bertempat di lapangan depan BKD Kota Pasuruan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda, seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah dilingkungan Pemkot Pasuruan.

Sebagai peserta upacara kali ini terdiri dari 20 orang pasukan bersenjata dari Kodim 0819, Yon Zipur 10, PUSLATSUS Marinir Grati dan juga pasukan bersenjata dari Polres Pasuruan Kota. 20 orang gabungan KORPRI dan PGRI, Mahasiswa Unmer, Uniwara, UNEJ Kampus Pasuruan, Gabungan SLTA dan SLTP.

Mas Adi sebagai inspektur upacara kali ini menggunakan baju adat daerah, dalam amanatnya Mas Adi membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023.

Pancasila sebagai dasar dan ediologi merupakan meja statis yang menyatukan keberagaman di Indonesia sekaligus sebagai bintang penuntun pesta dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai- nilai Pancasila yang merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa yang lebih baik,” ungkapnya. Kamis (01/06/2023).

Menurutnya Pancasila tidak bisa digantikan dengan apapun baik dari masa dulu, sekarang dan yang akan datang. Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis covid 19 dimana hal ini membuktikan kekuatan pancasila dan kekuataan bangsa Indonesia.

” Kedepan kita akan mewujudkan Indonesia emas di tahun dua ribu empat lima dan impian Indonesia tahun dua ribu delapan lima. Dengan menjadikan bangsa Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa yang lainnya,” ujar Mas Adi.