Jadi Tuan Rumah Rakerkomwil IV Apeksi ke- 18, Kota Pasuruan Siapkan Beberapa Acara Spektakuler

Pasuruan, Senin 5 Juni 2023

Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo saat menghadiri salah satu jamuan dalam kegiatan Apeksi ke-17 yang dilaksanakan di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. (foto: dok. Forkopim Kota Pasuruan)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) adalah sebuah organisasi bagi seluruh pemerintah kota di Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 25 Mei tahun 2000.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Keputusan Presiden No. 49 Tahun 2000 tentang Pembentukan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), Departemen Dalam Negeri dan Otonomi Daerah mengeluarkan Keputusan No. 16 Tahun 2000 mengenai Panduan Pembentukan Asosiasi Pemerintah Daerah dan Pemilihan Wakil Asosiasi Pemerintah Daerah sebagai Anggota DPOD.

Apeksi sendiri di bentuk bertujuan untuk membantu anggotanya mempercepat pelaksanaan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar Pemerintah Daerah.

Di Indonesia Apeksi dibagi dari berbagai wilayah dengan beberapa anggota pemerintahan kota di dalamnya. Seperti Apeksi Wilayah IV yang beranggotakan 13 pemerintahan kota di antaranya Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Bima, Kota Kupang, Kota Mataram dan Kota Denpasar.

Sejak dibentuk tanggal 25 Mei 2000, saat ini Apeksi wilayah IV sudah berusia 23 tahun dan tahun ini Kota Pasuruan yang di percaya sebagai tuan rumah dalam Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Rakerkomwil) IV, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke- 18 yang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 21 sampai 23 Juni 2023. Dimana kegiatan Rakerkomwil tahun sebelumnya Kota Kupang sebagai tuan rumahnya.

Terkait kegiatan Apeksi yang ke- 18 tahun 2023, dimana Pemerintah Kota Pasuruan sebagai tuan rumahnya, Pemkot Pasuruan sudah menyiapkan beberapa agenda dalam Rakerkomwil ke-18 yang mengambil tema “penguatan potensi lokal dalam mendukung keberlanjutan pembangunan perkotaan”.

Mulai dari penjemputan peserta, welcome dinner, pembukaan yang dirangkai dalam pagelaran Pasuruan Expo yang akan dipusatkan di gedung P3GI dengan berbagai acara seperti pameran produk unggulan, ada fashion show, pentas seni budaya anggota Komwil IV Apeksi.

Setelah acara pembukaan hari kedua seluruh peserta Rakerkomwil akan melakukan rapat kerja yang berlokasi di Hotel Ascent Premier dan akan diikuti oleh 13 Wali Kota, 5 orang pendamping, Forkopimda Kota dan Kepala Perangkat Daerah Kota Pasuruan yang sebelumnya dibuka oleh Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Acara dilaksanakan mulai pagi sampai selesai dan malam harinya akan digelar pawai budaya yang akan diikuti 12 delegasi anggota Apeksi Komwil IV dengan peserta maksimal 100 orang dengan memakai pakaian adat khas daerah dan juga 33 Perangkat Daerah. Dimalam yang sama juga akan di gelar Festival Bandeng Jelak dan Ngopi Bareng

Hari Ketiga diawali penanaman pohon di Taman Sekargadung Kota Pasuruan dilanjutkan senam resik-resik dihalaman Gedung P3GI, Praonan dan rapat kerja akan dilaksanakam sidang pleno 1 dan 2 di Hotel Ascent Premiere.