Target 5 Bulan Selesai, 154 RW yang Belum Terlayani Internet Gratis dari Pemkot Sudah Terpasang

Pasuruan, Rabu 7 Juni 2023

Gus Ipul saat melaunching pemanfaatan internet gratis untuk rakyat. (foto: dok. diskominfotik)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Pemerintah Kota Pasuruan terus memberikan layanan terbaik dan langsung bisa dinikmati oleh masyarakat, dan salah satu layanan yang terus akan diselesaikan yaitu pemberian fasilitas berupa layanan internet gratis (Wifi) di setiap Rukun Warga (RW) di Kota Pasuruan.

Dari data yang ramapati dapatkan dari 34 Kelurahan yang ada di Kota Pasuruan dengan total keseluruhan RW sampai saat ini berjumlah 224, untuk saat ini RW yang sudah terlayani internet gratis berjumlah 70 RW dan sisanya 154 RW yang belum terlayani akan dituntaskan tahun ini.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan Imam Subekti optimis dari 154 RW yang belum terlayani Wifi gratis dari Pemkot Pasuruan akan diselesaikan tahun ini.

“Saya optimis rekan-rekan di lapangan akan bisa menyelesaikan sesuai target yang telah direncanakan walaupun sedikit berat. Tapi saya yakin dan percaya petugas kami di lapangan bisa menuntaskannya, ” ujarnya. Rabu (07/06/2023).

Imam Subekti menyampaikan permintaan maaf kepada ketua RW yang di wilayahnya sudah terpasang internet gratis dari Pemkot yang kembali mengusulkan layanan internet baru lagi, untuk saat ini belum bisa memenuhi karena menurutnya pihaknya masih fokus menyelesaikan jaringan internet untuk RW yang belum terpasang dulu.

“Ada permintaan layanan internet lagi di RW yang sudah terpasang sebelumnya, karena memang di RW itu ada beberapa RT. Tapi saat ini belum bisa kita terima atau belum bisa terlayani, kita fokus untuk RW yang belum Terpasang dulu. Gak tau kalau tahun depan, ” harapnya.

Ditanya terkait layanan internet di taman-taman yang ada di Kota Pasuruan, Imam menyatakan semuanya sudah terlayani dan masyarakat bisa mengaksesnya secara gratis.

“Kalau di taman-taman sudah ready semua, dan monggo bisa dimanfaatkan secara baik dan semoga bisa membawa manfaat bagi masyarakat, ” ungkapnya.

Sementara itu Kasie. Infrastruktur Jaringan JF. Pranata Komputer Ahli Muda, Rangga mengungkapkan, pihaknya bersama timnya optimis dalam 5 bulan semua RW yang belum terlayani internet gratis dari Pemkot akan menikmati semua.

Rangga menyampaikan timnya akan mulai melakukan pemasangan ke RW- RW dari bulan Juli dan ditarget bulan Nopember sudah selesai.

“Insyaallah mulai bulan Juli depan kita sudah terjun kelapangan untuk memasang jaringan internet ke RW-RW yang belum terpasang secara bertahap, ” katanya.

Ditanya kendala apa yang sampai sekarang dialami saat memasang jaringan internet ke RW-RW, Rangga mengatakan pemasangan kabel optic dari titik satu ke titik lain yang jaraknya berjauhan.

“Masang kabel dari titik satu ke titik lain yang jaraknya sangat jauh dan itu memakan waktu juga. Tapi saya optimis semua pekerjaan akan sesuai jadwal, ” pungkasnya.