Tim Pocil SDNU Bangilan Mewakili Polresta Pasuruan dalam Lomba Pocil Tingkat Polda Jatim

Pasuruan, Senin 12 Juni 2023

Tim Pocil SDNU Bangilan melakukan latihan pemantaban didampingi tim pelatih dan pembina dari Satlantas Polres Pasuruan Kota. (foto: angga ramapati)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke- 77 tahun 2023. Polda Jatim akan menggelar lomba Polisi Cilik (Pocil) yang diikuti oleh seluruh Polres dan Polresta se Jawa Timur.

Untuk mempersiapkan diri dalam gelaran tersebut, Polresta Pasuruan telah mempersiapkan tim Pocil dari SD Unggulan Nahdlatul Ulama yang mana tim ini menjadi pemenang pertama lomba Pocil tingkat SD sederajat dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun 2023.

Menurut pelatih dan pembina Pocil Kota Pasuruan Aipda Breni Raharjo yang juga menjabat sebagai Ps. Kanit Kamsel Satlantas Polres Pasuruan Kota mengatakan untuk lomba Pocil tahun ini merupakan perintah Kapolda Jatim kesemua Polres dan Polresta jajaran dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

“Biasanya setiap tahun itu dalam rangka hari lalu lintas, untuk tahun ini perintah Kapolda dalam rangka Hari Bhayangkara ke tujuh puluh tujuh,” ujarnya. Senin (12/06/2023).

Breni sendiri merasa bersyukur karena sudah menemukan tim Pocil terbaik hasil dari seleksi sebelumnya dan besok sudah mulai dilakukan babak penyisihan.

Menurutnya besok tim Pocil yang mewakili Polres Pasuruan Kota ini akan melakukan lomba dibabak penyisihan yang berlokasi di Sasana Krida Kabupaten Probolinggo. Dan akan di ikuti oleh 9 Polres dan Polresta wilayah timur diantaranya Kota dan Kabupaten Pasuruan, Kota dan Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

“Dari sembilan Pocil tersebut nantinya akan diambil satu tim Pocil terbaik dan nanti akan dikirim untuk mengikuti lomba tingkat Polda Jatim yang akan bertanding dengan pemenang dari empat Pocil terbaik lainnya. Untuk pemenang nanti akan ditampilkan dalam peringatan hari Bhayangkara pada satu Juli,” tambahnya.

Untuk tim Pocil kali ini menurut Breni diwakili dari sekolah SDNU Kota Pasuruan yang beranggotakan 29 siswa/siswi dan mereka saat ini masih ada di kelas 3 dan 4.

“Jumlah keseluruhan dua sembilan dan itu sudah termasuk dantonnya,” kata Breni.

Terakhir Breni berharap tim Pocil didikannya bisa lolos di babak penyisihan besok, Selasa (13/06/2023) yang berlokasi di Sasana Krida Kabupaten Probolinggo dan otomatis bisa ikut seleksi berikutnya di Polda jatim pada tanggal 21 Juni 2023.

“Minimal bisa menang di babak penyisihan, dan bisa ikut seleksi di Polda. Syukur-syukur masuk empat besar walaupun tidak jadi juara pertama,” pungkasnya.