MPP Kota Pasuruan Resmi Dilaunching oleh Menpan- RB Secara Daring bersamaan 4 MPP Lainnya di Jatim

Pasuruan, Selasa 18 Juli 2023

Asisten 1 didampingi perwakilan anggota DPRD Kota Pasuruan bersama pejabat lainnya mengikuti peresmian MPP secara daring di MPP Kota Pasuruan. (foto: diskominfotik)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang berada di area Pasar Poncol Kota Pasuruan selama ini menjadi pusat layanan satu pintu bagi masyarakat yang ingin mendapatkan beberapa layanan administratif dan lainnya.

MPP sendiri sebelumnya juga pernah dikunjungi oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas beberapa bulan yang lalu setelah dirinya ditunjuk menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Hari ini, Selasa (18/07/2023) Menpan- RB meresmikan MPP Kota Pasuruan secara serentak melalui Daring (via zoom) langsung dari MPP Kabupaten Tulungagung. Selain MPP di Kota Pasuruan Azwar Anas juga melaunching 4 MPP lainnya, diantaranya Kabupaten Pacitan, Kabupaten Malang, Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Tulungagung.

Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Rudiyanto, AP, M.M menghadiri peresmian Mall Pelayanan Publik (MPP) langsung di Kabupaten Tulungagung. Sementara itu di MPP Kota Pasuruan Asisten 1 Ir. Sahari Putra mengikuti peresmian MPP secara daring via Zoom Meeting didampingi perwakilan dari anggota DPRD, jajaran Forkopimda atau yang mewakili, Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat dan undangan lainnya.

Menpan-RB mengapresiasi komitmen 5 Kota/Kabupaten yang telah menjadikan MPP sebagai pusat layanan bagi masyarakat dengan secara mudah dan cepat. Azwar Anas juga mengajak Pemerintah Daerah agar bisa bertransformasi dengan layanan MPP digital.

“MPP ini menyederhanakan birokrasi, dari sekian banyak kantor menjadi satu pintu yang menyediakan berbagai layanan. Dengan layanan digital ini menjadi penting supaya layanan kita ke depan menjadi jauh lebih cepat dan praktis,” ujarnya.

Saat ini MPP Kota Pasuruan memiliki fasilitas dengan sarana prasarana yang nyaman dan memadai serta sesuai dengan standar pelayanan seperti layanan prioritas, ruang konsultasi, pusat ATM, ruang laktasi, ruang bermain anak, hingga pojok baca.

MPP yang berada diarea Pasar Poncol Kota Pasuruan, saat ini memiliki 125 layanan dari 23 Instansi..Antara lain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan, Bapenda dan Dinas Tenaga Kerja.

Ada juga instansi vertikal lain yang juga membuka layanan bagi masyarakat Kota Pasuruan, seperti Kantor Kementerian Agama, Polresta, Kejaksaan, Pengadilan Kantor Pertanahan, Bank Jatim hingga BPJS.