Pemkot Ajak Kaum Melenial Promosikan Potensi Kota Pasuruan Melalui Lomba Vlog dan Tik- Tok

Wali Kota Pasuruan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba dalam acara awarding lomba video kreator. (foto: diskominfotik)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan menyelenggarakan lomba video kreator dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke- 78 tahun 2023.

Dimana dalam lomba ini ada 2 macam lomba yang diberikan yaitu lomba vloger dan juga lomba tik- tok. Dari 2 lomba tersebut ada 2 kategori antara lain untuk kategori pelajar dan juga umum.

Dalam lomba ini panitia penyelenggara akan mengambil juara 1, 2 dan 3 dan juara favorit untuk lomba tik tok untuk kategori umum dan pelajar. Sementara untuk lomba vlog juara 1, 2 dan 3 dan juara favorit kategori, Umum, pelajar dan mahasiswa.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan Imam Subekti, S.Sos, MM, dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh konten kreator dan seluruh peserta lomba yang sudah ikut berpartisipasi.

Menurut Imam tujuan dari kegiatan ini sebagai ajang meningkatkan sosialisasi dan promosi potensi lokal kota pasuruan, selanjutnya mewujudkan keterlibatan masyarakat dalam upaya memajukan Kota Pasuruan, khususnya kaum melenial.

” ini sangat dipandang perlu untuk menerima ide dan juga pemikiran berupa karya konten visual guna kepentingan promosi potensi Kota Pasuruan,” ujarnya.

Lomba ini menurut imam sudah dilaksanakan mulai 8 Agustus sampai 10 september (1 bulan) yang diikuti oleh 130 peserta.

” Alhamdulillah Awarding pelaksanaan lomba ini, hari ini kita selenggarakan dihalaman kantor PKK Kota Pasuruan,” ungkap Imam.

Menurutnya setelah melalui proses lomba sampai penjurian, malam ini akan diumumkan. Selain itu dari 130 peserta ini nantinya akan mewarnai angkasa di Kota Pasuruan dengan berita-berita baik yang akan ditampilkan di masyarakat Kota Pasuruan

Untuk tema penyelenggaraan video kreatif tahun ini mengambil tema ‘ Ayo dolan ke Kota Pasuruan dan nyalakan semangat kebangsaan di dadamu’. Dengan syarat peserta harus mengexpose potensi Lokal Kota Pasuruan.

” Harapannya bisa memberikan hasil berupa sumbangsih pemikiran ide, serta karya visual untuk ikut membantu mempromosikan potensi Kota Pasuruan ke khalayak,” harapnya.

Awarding lomba video kreatif tahun 2023 ini dibuka langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Dalam sambutan dan arahannya Gus Ipul menyampaikan bahwa partisipasi pemuda sangat dibutuhkan, dan berharap agar semuanya ikut berperan lebih jauh terkait perubahan dan perkembangan Kota Pasuruan dari hari ke hari.

” Misalnya payung madinah yang sekarang sudah dua belas, tahun lalu masih enam. Malam hari di alun-alun sekarang lampunya jauh berbeda. Jadi perkembangan ini perlu diikuti secara seksama,” pintanya.

Maka dari itu Gus Ipul meminta partisipasi dan berharap para pemuda dengan kreativitas melalui vlog dan tik- tok bisa mempermudah masyarakat memahami Kota Pasuruan walaupun melalui gambar.

” Untuk itulah kita berkejaran dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, dan malam ini saya bangga banyak sekali yang berminat menjadi peserta yang diselenggarakan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan,” pungkasnya.