Dinsos Beri Pelatihan Pembawa Acara dan Pijat Bagi 20 Tuna Netra di Kota Pasuruan

Pasuruan, Rabu 8 November 2023

Warga berkebutuhan khusus (tuna netra) mendapatkan pelatihan pembawa acara pada hari pertama. (foto: angga ramapati)

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Untuk memberikan bimbingan dan pengetahuan baik fisik, mental, spiritual dan sosial bagi warga berkebutuhan khusus (tuna netra) di wilayah Kota Pasuruan.

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial melaksanakan Pelatihan Bagi Penyandang Disabilitas (tuna netra) yang bertempat di Aula RM. Kurnia Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan.

Kepala Dinas Sosial Kokoh Arie Hidayat, SE, S.Sos,MM, melalui Kepala Bidang Rehabilitasi pada Dinsos Kota Pasuruan saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan bagi penyandang disabilitas khusus tuna netra ini diikuti sebanyak 20 orang. Untuk kegiatannya sendiri dilaksanakan selama 3 hari berturut- turut.

Menurut Agus dihari pertama mereka mendapatkan materi tentang Pembawa Acara (MC) dengan narasumber dari Diskominfotik. Tujuannya biar mereka dalam keterbatasannya bisa mengeksplor kemampuannya menjadi pembawa acara yang baik dan benar.

‘ Dari pelatihan ini nantinya saat peringatan hari disabilitas pada bulan Desember, mereka ini yang akan kami tampilkan nantinya,” ujarnya, Rabu (08/11/2023).

Agus mengatakan kalau ke 20 teman- teman tuna netra ini akan dibimbing mulai hari ini tanggal 8 November sampai Jum’at 10 November 2023. Untuk hari kedua besok mereka akan mendapatkan Pelatihan Pijat dan sebagai narasumbernya Dinsos mendatangkan dari LKP Amoeskin Kabupaten Tulungagung.

” Untuk menambah pengetahuan mereka tentang memijat, dimana sebelumnya sudah mereka kuasai. Kita kan sudah punya tempatnya di Krampyangan,” ungkapnya.

Untuk pelatihan pijat ini mereka juga akan mendapatkan sertifikat dari asosiasi dan surat dari Dinas Kesehatan.

” Jadi setelah mendapatkan sertifikat dan surat dari Dinas Kesehatan, maka mereka sudah legal nantinya,” tambah Agus.

” Untuk hari ketiga nanti juga ada narasumber dari Dinkes,” pungkasnya.