Wali Kota Pasuruan: Semua Perangkat Daerah Harus Serius Dalam Mengawal RPJMD.

Angga Ardiansyah – Ramapati Pasuruan

Pasuruan, Selasa 24 Agustus 2021

Salah satu narasumber dari Universitas Brawijaya memberikan penjelasan tentang proses penyusunan RPJMD.

Ramapati Pasuruan- Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) ini adalah pedoman pembangunan dan memiliki posisi yang sangat strategis dalam pembagunan Kota Pasuruan.

” Jika kita mau lihat Kota Madinah seperti apa dimasa depan lihatlah RPJMD,” kata Wali Kota Pasuruan. Selasa (24/8/2021).

Terkait hal tersebut diatas bertempat di Gedung Gradika Bhakti Praja Kota Pasuruan dilaksanakan Rapat Koordinasi RPJMD persiapan evaluasi sakip yang di hadiri oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi),Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah se Kota Pasuruan dan diikuti pejabat eselon 3 dari masing-masing Dinas, Badan, perwakilan 2 orang serta seluruh Camat se Kota Pasuruan.

Sebagai nara sumber Pemkot menghadirkan salah satu dosen dari Universitas Brawijaya dan dari BPS Kota Pasuruan

Dalam kesempatan ini Gus Ipul mengharapkan keseriusan dan tidak main-main dalam proses penyusunan dan bagaimana mengawalnya.

” Semua OPD harus bisa menerjemahkan dengan baik kedalam rancangan stratregis pembangunan daerah, makanya saya menggandeng teman-teman Perguruan Tinggi yang berpengalaman,” ujarnya.

“Saya tekankan semua OPD harus serius dan tidak boleh main-main dalam menyusun RPJMD ini, saya akan pastikan dan saya langsung cek satu persatu baik secara langsung ataupun tidak langsung,” lanjutnya.

Lebih lanjut Gus Ipul mengatakan proses RPJMD di setiap OPD tidak bisa dikerjakan secara individu, tapi harus berdiskusi bersama-sama karena prioritas di RPJMD ini harus dikerjakan secara kolaborasi dan keroyokan, jangan ada ego sektoral jika ada harus dihilangkan.

” Ada beberapa prioritas wisata yang ingin saya jadikan pengungkit kemajuan Kota Pasuruan diantaranya prioritas wisata terintegritas, wisata religi, wisata pelabuhan, wisata heritage, wisata edukasi dan wisata tematik lainnya,” ujar Gus Ipul

Ada 2 pesan terakhir Gus Ipul kepada seluruh undangan yang hadir, Pertama tolong kawal betul apa yang menjadi prioritas RPJMD dan yang kedua pekerjaan kita banyak dan waktu kita terbatas maka kerjakan yang penting-penting saja, kerjakan hal yang strategis yang menjadi pengungkit keberhasilan yang lainnya.

Setelah penyampaian awal Gus Ipul di lanjutkan penjelasan tentang RPJMD oleh narasumber dari Universitas Brawijaya dan dilanjutkan narasumber dari BPS. (Aga)