Berikan Layanan Publik Secara Online, Kecamatan Panggungrejo Raih Penghargaan dari Menpan- RB

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Pada bulan November 2023 yang lalu Pemkot Pasuruan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bagi daerah yang memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) dan penghargaan penyelenggara pelayanan publik yang diberikan untuk Kecamatan Panggungrejo.

Hermanto, Camat Panggungrejo saat mengisi Potcast di Ramapati Pasuruan, (foto: dok. Ramapati)

Kecamatan Panggungrejo pada kategori ini mendapatkan nilai sangat baik. Camat Panggungrejo Hermanto, SE saat mengisi program Obsesi (obrolan seputar inovasi dan prestasi) di podcastnya Ramapati, Sabtu (17/02/2024). Menyampaikan, dalam hal pelayanan publik Kecamatan Panggungrejo selalu memberikan kemudahan dengan terus menghadirkan sarana dan prasarana dan terus mengembangkan inovasi pelayanan.

Herman mengatakan untuk layanan publik di tempat kerjanya saat ini sudah menggunakan aplikasi digital yang diberi nama Power Man.

” Power Man ini layanan bagi masyarakat secara online, dan saat ini kita mencoba di Kelurahan Mandaran sebagai pilot projectnya,” ungkapnya.

Menurut Herman kenapa yang dipilih Kelurahan Mandaran karena disana masyarakatnya banyak yang nelayan, jadi kalau pagi tidak bisa mendapatkan layanan di kelurahan.

Dengan Power Man ini masyarakat tidak perlu ke kelurahan, cukup dirumah saja ke pak RT sudah dapat rekomendasi dari pak lurah setelah itu suratnya bisa diambil sorenya atau besoknya.

” Jadi gak usah bolak balik kekelurahan, cukup di rumah saja. Sudah dapat rekomendasi dari pak lurah,” ujar Herman.

Setelah di Kelurahan Mandaran berhasil dengan layanan online ini, pihaknya berencana untuk 12 kelurahan yang lainnya juga menggunakan sistem Power Man ini. Sehingga warganya tidak perlu ke kelurahan cukup dari rumah saja sudah bisa terlayani.

” Untuk kelengkapan IT sudah kita kirim ke kelurahan yang lain, tinggal SDM yang di kelurahan saja. Pokoknya bagaimana caranya seluruh layanan kedepan sudah menggunakan layanan digital,” harapnya.

Penggunaan layanan ini Herman berkiblat pada salah satu daerah yang sempat dikunjunginya pada awal tahun 2023 dan diujung tahun 2023 sudah di inplementasikan kepada masyarakat khususnya di Kelurhan Mandaran.

Herman menjamin dengan layanan online ini, masyarakat sangat terbantu karena masyarakat di wilayah pesisir itu tidak ada waktu untuk datang ke kelurahan selain juga SDMnya. Dengan Power Man ini masyarakat pesisir sangat terbantu.

” Terus terang masyarakat itu untuk datang ke kelurahan itu takut, itu mungkin sudah kebiasaan dari kemarin- kemarinnya. Karena takut itu akhirnya masyarakat nyuruh orang dan itu harus ada biaya,” lanjutnya Herman.

Saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi terkait penggunaan Power Man di kelurahan yang lain, sehingga masyarakat bisa dapat menikmatinya.

” Kita masih fokus untuk penyempurnaan Power Man ini, karena ini masih berjalan di satu kelurahan saja. Inovasi ini menurut saya manfaatnya sangat besar sekali, paling tidak tahun ini sudah bisa melakukan semua, minimal separuhlah. Di bulan Maret ada sekitar empat atau lima kelurahan yang sudah siap menjalankan ini,” pungkasnya.