Lestarikan Warisan Budaya, Pemkot Pasuruan Gelar Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional

Reporter : Nur Aries

Ramapati Pasuruan — Dalam Rangka memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan ke 338 Tahun 2024, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan menyelenggarakan Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional, Rabu (21/02/2024) bertempat di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan.

Salah satu peserta tampil dihadapan dewan juri dan penonton saat mengikuti Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional yang dibuka secara resmi oleh Asisten 1. (foto: dok. Tim liputan Ramapati)

Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional, dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Yanuar Afriansyah, MM ditandai dengan pemukulan Lesung, turut hadir dalam pembukaan Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat, Lurah Se-Kota Pasuruan, Dewan Juri dan peserta serta undangan lain.

Festival kolaborasi seni musik tradisional yang bertema Gandeng Tangan wujudkan Kota Pasuruan bersih tertib dan guyub rukun diikuti oleh 34 Kelurahan Se-Kota Pasuruan, masing-masing Kelurahan terdiri dari 10 orang.

Kabid. Dinas Pendidikan Agus Budi Darmawan, S.STP, menyampaikan Hal-Hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional Tahun 2024 yaitu bertujuan memberikan ruang Kreativitas dan sebagai ajang kompetisi bagi masyarakat sekaligus mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif di Kota Pasuruan.

Sementara itu Yanuar dalam arahannya berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Kota Pasuruan bahwa mencinta seni dan budaya itu penting untuk digali dan dicintai serta diinovasi mengimbangi perkembangan kecanggihan teknologi.

Lebih lanjut Yanuar mengungkapkan dengan festival ini bisa mendorong masyarakat melalui kesadarannya bersedia menjaga, merawat, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya.

” Dengan Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional dalam rangka Hari Jadi Kota Pasuruan ini, mari bersama sama Gandeng Tangan wujudkan Kota Pasuruan bersih tertib dan guyub rukun. Ini yang perlu menjadi modal dasar kita agar visi dan misi Wali Kota dapat tercapai sesuai dengan harapan kita bersama.” ujar yanuar.