Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota, Fatma: Harus Bersinergi Dengan Kelurahan

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Salah satu program rutin dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pasuruan adalah lomba 10 program pokok PKK.

Ketua TP PKK didampingi Wakil Ketua 1 dan Wakil Ketua 2 saat nyantai di gasebo kelompok Karangkitri Bakalan Sekar Indah 2

Kegiatan lomba ini diawali dari tingkat kecamatan yang diikuti dari kelurahan di masing – masing kecamatan dan pemenang ditingkat kecamatan selanjutnya ikut di tingkat Kota Pasuruan.

Dari data yang tim Ramapati dapatkan ada 4 kelurahan yang masuk nominasi di tingkat Kota diantaranya Kelurahan Bakalan mewakili Kecamatan Bugul Kidul, Kelurahan Krapyakrejo mewakili Kecamatan Gadingrejo, Kelurahan Bangilan mewakili Kecamatan Panggungrejo dan Kelurahan Pohjentrek mewakili Kecamatan Purworejo.

Untuk penilaian lomba 10 program pokok PKK tingkat kota, mulai hari ini tim penilai melakukan kunjungan di Kelurahan yang lolos tingkat Kota Pasuruan. Kelurahan Bakalan yang mewakili Kecamatan Bugul Kidul menjadi agenda penilaian pertama.

lomba 10 program pokok PKK di Kelurahan Bakalan ini dibuka langsung oleh ketua TP PKK Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf yang didampingi Wakil Ketua 1 Ani Adi Wibowo dan Wakil Ketua 2 Yanti Rudianto serta pengurus TP PKK Kota Pasuruan.

Salah satu tim juri lomba 10 program pokok PKK tingkat Kota Pasuruan, Tanti Rahayu menyebutkan ada beberapa penilaian dari tim juri yang harus dipenuhi oleh kelurahan khususnya 10 program pokok PKK dengan menyesuaikan visi dari PKK.

” Visinya PKK itu terwujudnya keluarga sehat, beriman dan bertaqwa dan menuju Indonesia maju,” kata Tanti saat di konfirmasi disela-sela melakukan penilaian lomba di Kelurahan Bakalan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan, Senin (04/03/2024).

Menurutnya untuk breakdownnya dari pemerintah pusat itu ada Pokja 1 tentang Paredi (pola asuh anak di era digital), Pokja 2 Gelari Pelangi (gerakan keluarga Indonesia untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan pengelolaan ekonomi, Pokja 3 Aku Hatinya PKK (amalkan, kukuhkan halaman teratur, indah, tertib, aman dan nyaman.

” Itu breakdownnya pada kegiatan karangkitri, KRPL dan untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga,” ujar Tanti.

Sementara untuk Pokja 4 menurut Tanti yang dinilai adalah bagaimana keluarga tanggap, tangguh bencana. Untuk sekretaris bagaimana administrasinya lebih menguasai pada peningkatan IT (modern administrasi).

” Yang lolos di tingkat kota nanti akan masuk ke tingkat provinsi langsung mewakili Kota Pasuruan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf saat memberi arahan menyampaikan tujuan kehadirannya bersama pengurus TP PKK Kota dan tim penilaian yaitu untuk membina, mengevaluasi baik administrasi maupun yang ada dilapangan.

” Ada KRPLnya disini, nanti kita jalan- jalan kesana,” ajak Fatma.

Fatma menyampaikan di 2 tahun terakhir untuk lomba PKK harus disinergikan dengan pelaksanaan kelurahan berkembang, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri.

” Jadi harus bersinergi dengan kelurahan. Makanya ada pak lurah disini dan kita selalu berjalan bersama, gak boleh lagi berjalan sendiri. Kalau kelurahannya bagus, PKKnya juga harua bagus,” harapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kelurahan Bakalan Tri Utami mengungkapkan untuk persiapannya sangat dadakan sekali karena pengumumannya baru turun hari Kamis kemarin untuk juara tingkat kecamatannya.

” Alhamdulillah dari hari Jum’at sampai Minggu, persiapan dua hari. Alhamdulillah anggota PKKnya juga kompak dan kondisi lapangannya juga sudah siap, karena emang masyarakat disini juga guyub untuk membangun Kelurahan Bakalan,” ungkapnya

Setelah membuka lomba 10 program pokok PKK tingkat Kota, ketua TP PKK bersama Wakil Ketua 1 dan 2 didampingi beberapa pengurus TP PKK kota lainnya melakukan peninjauan lapangan diantaranya ke KRPL Sekar Indah yang terletak di Perum. Sekar Indah Bakalan dan dilanjutkan ke Rumah Sehat di kediaman Adi Laksono warga Perum. Sekar Indah Kelurahan Bakalan.