Gus Ipul Buka Secara Resmi Musrenbang Tingkat Kota Secara Daring, Berikut Pemenang Musrembang Terbaik

Reporter : Nur Aries

Ramapati Pasuruan– Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka secara Daring (Via Zoom) Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Pasuruan untuk menentukan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pasuruan Tahun 2025 di Hotel Ascent Premiere, Kamis (29/03/2024)

Gus Ipul mengikuti dan membuka Musrenbang secara daring. (foto: Diskominfotik)

Musrenbang ini diikuti juga oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Mas Adi (Adi Wibowo) secara daring dan dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Kepala Bappeda Kabupaten Pasuruan, Bakorwil Kota Malang, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Pasuruan, Asisten I, II dan III Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan serta Para Undangan.

Musrenbang RKPJD dan RKPD merupakan kegiatan yang sangat strategis sesuai ketentuan pada Dasar Pelaksanaan perencanaan pembangunan berdasarkan UU nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Serta Permendagri no. 86 tahun 2017, yang menyebutkan bahwa musrenbang merupakan forum pembahasan rancangan RPJPD dan rancangan RKPd dengan pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dan Permendagri 70/2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Dalam penyelenggaraan musrenbang ini, Gus Ipul mengatakan pekerjaan yang baik mesti diawali dengan perencanaan yang baik sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Pasuruan.

“Tahun 2025 merupakan gerbang penghubung dari akhir RPJPD Kota Pasuruan 2005-2025, Menyongsong Indonesia Emas 2045,” ungkapnya

Dalam paparannya Gus Ipul yang menjelaskan Capaian kinerja Pemerintah Kota Pasuruan. Seperti pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif diatas rata-rata Jatim 5,65%, angka kemiskinan yang meningkat tipis termasuk provinsi dan mayoritas Kabupaten dan Kota Pasuruan 6,6%.

Untuk pengangguran konsisten turun namun masih diatas rata-rata Jatim 5,64%, IPM signifikan naik diatas rata-rata 78,3. Kesejangan kelas pendapatan meningkat meskipun masih di bawah rata-rata Jatim 0,378

Indeks Sosial yang sangat baik mencapai 88,47, kepuasan terhadap layanan insfratuktur dinilai memuaskan mencapai 4,16 dan Indeks Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah bertahap meningkat tajam mencapai 80,08 dengan nilai A.

” Saya ucapkan Terima Kasih pada stakeholder yang telah bekerja keras sehingga di tahun 2023, ini kita mendapatkan penghargaan lebih dari 55 baik dari Instansi, Provinsi dan pusat. Ini suatu prestasi yang meningkat jauh dari tahun 2022,” ungkapnya.

Dalam acara ini juga diserahkan penghargaan, Penilaian terhadap penyelenggaraan Musrenbang terbaik baik di tingkat Kelurahan dan Kecamatan di Tahun 2024.

Penyelenggaraan Musrenbang terbaik Tingkat Kelurahan Tahun 2024

Terbaik ke-4 Kelurahan Kandangsapi,
Terbaik ke-3 Kelurahan Bakalan, Terbaik ke-2 Kelurahan Tembokrejo, Terbaik ke-1 Kelurahan Bangilan

di lanjutkan Penyelenggaran Musrenbang terbaik Tahun 2024 Tingkat Kecamatan

Terbaik ke-2 Kecamatan Bugul Kidul
Terbaik ke-1 Kecamatan Panggungrejo.

Selamat kepada para Penyelenggara Musrenbang terbaik tingkat Kecamatan dan Kelurahan Tahun 2024.