Jamin Situasi Tetap Kondusif Selama Ramadan, Lapas Kelas IIB Pasuruan Tambah Personel Keamanan

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasuruan selama bulan suci Ramadan 1445 H terus memberikan pengawalan demi keamanan warga binaan saat menjalankan ibadah puasa.

Beberapa personel keamanan Lapas berjaga saat warga binaan menjalankan sholat tarawih. (foto: dok. Lapas)

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas IIB Pasuruan Taufiqul Hidayatullah mengatakan, saat Ramadan, kegiatan warga binaan di luar kamar bertambah. Ada kegiatan tarawih dan tadarus.

Pihaknya tidak ingin momen untuk beribadah ini digunakan oleh warga binaan untuk melakukan hal yang tidak diinginkan. Misalnya, memanfaatkan momen kegiatan beribadah untuk kabur dari lapas.

Ada 20 personel yang disiagakan. Bertambah empat orang dibandingkan hari-hari biasa. Mereka menjaga warga binaan dalam 4 sift

“Kami ingin suasana selama Ramadan tetap kondusif. Jadi, pengamanan kami tambah,” katanya.

Taufiq menuturkan, selama ini tidak ada temuan kericuhan selama momen Ramadan, para warga binaan bisa menjalankan kegiatan tarawih hingga tadarus Alquran dengan baik. Mereka sangat antusias.

Personel keamanan berjaga baik di dekat kamar hunian maupun masjid Lapas. Mereka juga mobile demi menjaga dan memastikan ibadah para warga binaan bisa berjalan dengan baik.

“Mumpung bulan suci, kami mengajak warga binaan juga meningkatkan ketakwaan mereka. Salah satunya dengan rutin tarawih,” pungkasnya.