Pengumuman Kelulusan Murid Kelas VI Upt. SDN Krapyakrejo 2 Banjir Air Mata

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Ada yang membuat haru dan banjir air mata saat Kepala Sekolah dan dewan guru melepas siswa- siswinya yang telah selesai melaksanakan proses belajar mengajar di satuan pendidikan walaupun acaranya di buat sangat sederhana.

Moment kelulusan yang sangat sederhana tapi penuh haru. (foto: angga ramapati)

Hal ini terjadi saat Kepala Sekolah (Kepsek) dan dewan guru Upt. Sekolah Dasar Negeri Krapyakrejo 2 melepas puluhan siswa- siswinya yang sudah di nyatakan lulus di halaman sekolah. Senin (10/06/2024).

Yang menarik dalam kegiatan ini tidak hanya siswa-siswinya yang hadir dan berkumpul membentuk lingkaran di halaman sekolah tapi orang tua siswa juga dihadirkan mendampingi putra- putrinya untuk terakhir kalinya di sekolah yang sudah mendidik dan menimba ilmu selama 6 tahun lamanya.

Setelah melalui serangkaian acara, tibalah saatnya wali kelas membagikan sebuah amplop polos warna putih yang didalamnya berisi surat pernyataan lulus/tidaknya siswa tersebut.

” Jangan dibuka dulu, kita tunggu hitungan mundur dari lima setelah itu bisa di buka sama- sama,” kata Imron, pemandu acara dari salah satu guru disana.

Rasa haru dan bahagia bercampur hujan tangis tak terbendung dari seluruh siswa yang dinyatakan lulus ketika pemandu acara menyeruh siswanya memeluk orang tua yang mendampinginya, sembari pihak sekolah juga melepaskan balon ke udara terbang bebas ke langit tanpa hambatan apapun.

Menurut Kepsek Upt. SDN Krapyakrejo 2, Lilik Andayani S.pd, M.pd, pelepasan balon tersebut sebagai simbul pihak sekolah melepas dengan ikhlas murid kelas 6 untuk meraih cita- cita setinggi langit dan nantinya bisa melampaui sesuatu yang tidak biasa.

” Anak- anak saya lepas dengan cita- cita setinggi langit agar bisa melampaui sesuatu yang tidak biasa, itu keinginan saya,” harapnya.

Selain itu Lilik juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa sekaligus memberikan kebiasaan yang cantik kepada murid- muridnya yang akan terus diingat dan tidak akan terlupakan.

” Terima kasih juga kepada bapak dan ibu guru yang sudah enam tahun kita berbagi dengan penuh kasih dan sayang. Dan hari ini menjadi moment yang penting bagi SD Krapyak dua,” ungkapnya.

Kepala Sekolah yang baru 3 bulan di Upt. SDN Krapyakrejo 2 ini bersyukur karena dalam kelulusan kali ini bisa melepas 65 anak dengan kelulusan 100 persen.

Ditanyai terkait pesta kelulusan yang akan digelar pada tanggal 20 Juni 2024 nanti, Lilik menyampaikan kegiatannya akan dilaksanakan secara sederhana. Mengingat setelah ini mereka akan sekolah ke tingkat pertama dan orang tua juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

” Hasil dari kesepakatan rapat antara pihak sekolah dan perwakilan wali murid, maka acaranya kita sederhanakan tapi tidak menghilangkan maknanya. Dan kita tetap akan hargai prestasi anak-anak dengan memberikan minimal piagam sebagai kenang- kenangan dari sekolah,” pungkasnya.