Rayakan HUT BPJS Kesehatan, Gus Ipul: Saya Jadi Saksi BPJS Kesehatan Melayani dengan Baik

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahunnya yang ke- 56 tahun, BPJS Kesehatan menyelenggarakan Senam Bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis yang bertempat di halaman gedung Harmoni, Jum’at (12/07/2024).

Wali Kota Pasuruan menerima cinderamata dari Kepala BPJS Kesehatan Kota Pasuruan. (foto: diskominfotik)

Senam bersama ini diikuti oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Kepala Perangkat Daerah terkait, peserta prolanis Puskesmas Kandangsapi dan warga Kelurahan Pekuncen dan beberapa perwakilan instansi di lingkungan Pemkot Pasuruan.

Kepala BPJS Kesehatan Pasuruan dr. Dina Diana Permata menyampaikan dalam merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke- 56 tahun, BPJS Kesehatan bisa hadir di tengah masyarakat seluruh Indonesia, khusus warga Kota Pasuruan dalam rangka menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dina di hadapan Wali Kota Pasuruan mengatakan kalau BPJS Kesehatan dalam rangka memperingati HUT nya mengadakan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis.

” Selain senam bersama ini ada beberapa kegiatan juga yang kami sertakan yaitu kami menyediakan pemeriksaan kesehatan bagi warga dan peserta senam yang difasilitasi dari laboratorium Fortuna dan puskesmas dan tenaga kesehatan,” ujarnya.

Dina juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kota Pasuruan dalam mensukseskan program JKN. Dimana sejak tahun 2019, Kota Pasuruan sudah tercapai Universal Health Coverage (UHC).

” Sampai saat ini hampir seratus persen warga Kota Pasuruan sudah terdaftar dan tingkat keaktifannya sangat luar biasa,” ungkapnya.

” Ada sekitar delapan tiga persen untuk tingkat keaktifan kepesertaan JKN di Kota Pasuruan, tentunya program JKN ini tidak bisa berjalan secara baik kalau tidak ada dukungan dari stakeholder terkait khususnya Pemkot Pasuruan,” tambahnya.

Gus Ipul dalam arahannya mengungkapkan bahwa Pemkot Pasuruan akan terus menjaga dan bekerja di keras supaya UHC di Kota Pasuruan tetap terpelihara, terjaga dengan keaktifan yang terus meningkat, mulai dari 83 persen, 90 persen 95 dan seterusnya mudah- mudah bisa terwujud.

” Itu adalah komitmen kami Pemerintah Kota Pasuruan untuk warga Kota Pasuruan,” ungkapnya.

Gus Ipul bersyukur, karena sampai sekarang warga Kota Pasuruan kalau ada yang sakit sudah ada dukungan pembiayaan yang diberikan oleh BPJS karena sebagai peserta aktif.

” Iurannya sebagian besar warga kita ini dibayarkan oleh Pemkot, lebih dari empat puluh milyard kita setiap tahun membayar ke BPJS Kesehatan untuk memback up dan mendukung warga Kota pasuruan yang mungkin memerlukan perawatan kesehatan,” jelas Gus Ipul.

Gus Ipul juga mengatakan bahwa pemerintah Kota Pasuruan akan terus berupaya agar masyarakat Kota Pasuruan tidak ada lagi yang takut berobat.

“Sekarang saya sedang berpikir, bagaimana yang jaga orang sakit ketika rawat inap juga mendapatkan bantuan. Sehingga tidak ada lagi orang sakit yang takut rawat inap, karena berpikir takut tidak ada yang jaga, dan yang jaga sedang bekerja,” pungkasnya.

Terakhir Gus Ipul menyampaikan Selamat Ulang Tahun kepada BPJS Kesehatan.

” Selamat Ulang Tahun kepada BPJS Kesehatan ke-56, saya menjadi saksi BPJS Kesehatan Kota Pasuruan telah melayani dengan baik,” ucapnya.