Pemkot Pasuruan Mewisuda Puluhan Wisudawati Lulusan Akademi Paradikta Kota Pasuruan

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Akademi Paradikta Indonesia terlaksana di latar belakangi untuk mengembangkan potensi kepemimpinan perempuan agar dapat terlibat dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Akademi ini merupakan program inovatif dari Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan.

Asisten 1 Yanuar Afriansyah menyerahkan penghargaan kepada kelompok terbaik dari masing- masing kecamatan. (foto: diskominfotik)

Menurut Plt. Kepala DP3AKB, Sahari Putro Akademi Paradikta ini mulai bulan Mei sampai bulan September 2024 telah melaksanakan pendidikan bagi perempuan kepala keluarga yang bekerjasama dengan Akademi Paradikta Indonesia dengan kelas pendidikan perempuan pemimpin keluarga dengan tema “setiap orang adalah pemimpin perubahan”.

” Pendidikan akademi paradikta ini diikuti oleh 80 orang perempuan kepala keluarga dari 34 kelurahan. Dilaksanakan sebanyak empat kelas di 4 kecamatan,” ujarnya, Kamis (17/10/2024).

Menurutnya dari 80 orang yang ikut pendidikan ada 69 orang yang dapat menyelesaikan rangkaian proses pendidikan dan penugasan dengan baik dan dinyatakan lulus.

Nantinya kelulusan ini akan menjadi penggerak di kelurahan masing- masing dan mereka akan berkontribusi pada agenda pembangunan di kelurahan salah satunya mendukung program kelurahan ramah perempuan dan peduli anak (KRPPA).

Lebih lanjut Sahari menyampaikan bahwa DP3AKB bersama Forum Puspa Suropati dan Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan telah menunjuk 2 kelurahan sebagai kelurahan ramah perempuan dan peduli anak tahun 2024 yaitu Kelurahan Purworejo dan Kelurahan Pekuncen.

” DP3AKB bersama Forum Puspa Suropati dan Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan menunjuk Kelurahan Purworejo dan Pekuncen sebagai kelurahan ramah perempuan dan peduli anak tahun 2024,” jelasnya.

Sementara itu kegiatan Wisuda Akademi Paradikta Indonesia dan Deklarasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) Kota Pasuruan tahun 2024 ini dibuka oleh Asisten 1 Kota Pasuruan, Yanuar Afriasyah mewakili Pjs. Wali Kota Pasuruan Dr. Lilik Pudjiastuti yang berhalangan hadir.

Dalam arahannya sebelum membuka secara langsung kegiatan ini, Yanuar menyampaikan sambutan/arahan dari Pjs. Wali Kota Pasuruan.

Dalam arahannya yang disampaikan Asisten 1 mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawati dalam menyelesaikan di Akademi Paradikta Indonesia semoga ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing sehingga banyak bermunculan kader- kader pemimpin perempuan untuk masuk kedalam sistem yang lebih luas ditingkat kelurahan atau di jenjang yang lebih tinggi.

” Pola pemberdayaan perempuan melalui akademi paradikta ini diharapkan dapat menjadi akselerasi penyiapan kader pemimpin perempuan komunitas akar rumput yang memiliki visi transformatif dalam kiprah mereka yang lebih luas di masyarakat,” harapnya.

Acara selanjutnya yaitu prosesi pengukuhan wisuda akademi paradikta Kota Pasuruan tahun 2024 dimana diwakilkan oleh wisuda terbaik 1 dan 2 dari setiap kecamatan. Pengukuhan ini dilakukan oleh Asisten 1, Pjs Ketua PKK Kota Pasuruan juga Plt. Kepala DP3AKB Kota Pasuruan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat dan Lurah se- Kota Pasuruan serta undangan lainnya.

Perwakilan wisudawati Sutik Mukarona dalam pesan dan kesannya menyampaikan bahwa hasil pembelajaran pada akademi paradikta ini ilmu yang didapat merupakan ilmu yang sangat bermanfaat kelak di masyarakat.

” Kita dipelajari mengenali sungai kehidupan yang telah kita jalani dari susah, senang, susah senang sampai kita diajarkan untuk sukses,” ungkapnya.

Terakhir seluruh wisudawati mengucapkan ikrar wisudawati yang diikuti oleh seluruh wisudawati akademi paradikta Kota Pasuruan.

Selanjutnya acara ini di tutup dengan melakukan senam bersama Pasuruan Resik.