Pemkot dan Kanwil Dirjen Perbendaharaan Jatim lakukan MoU, Gus Ipul: Semoga Dapat Tingkatkat Pengelolaan Keuangan.

Angga Ardiansyah – Ramapati Pasuruan

Pasuruan, Senin 13 September 2021

Wali Kota Pasuruan menandatangani kesepakatan bersama dengan Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur.

Ramapati Pasuruan– Pemerintah Kota Pasuruan bersama Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur melakukan penandatangan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait pemanfaatan data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan melaksanakan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Penandatangan kesepakatan bersama dilakukan oleh Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur Bapak Taukhid SE, MSc, IB, MBA dengan Wali Kota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) yang disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan dan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, bertempat di Pendopo Surga Surgi. Senin (13/09/2021).

” Tekat kami hadir disini bersama anda membangun ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat diwilayah jawa timur,” kata Taukhid.

” Kehadiran kami juga dalam rangka mengejawantahkan apa yang diamanatkan pasal 23 UUD 1945 bahwa APBN untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” lanjutnya.

MoU ini dimaksudkan untuk pemanfaatan data dan informasi serta penguatan koordinasi implementasi kebijakan fiskal pemerintah di Kota Pasuruan.

Gus Ipul berharap adanya MoU ini dapat meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan di Pemerintah Kota Pasuruan, bahwa banyak pekerjaan rumah di Pemkot Pasuruan misalnya sakip kita masih B dan sedang berjuang meraih A, dan kapasitas fiskal jauh dari kebutuhan.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa tiga tahun terakhir ini kapasitas fiskal pemerintah Kota Pasuruan mengalami penurunan

“Saya berharap dengan adanya MoU ini kinerja kami meningkat khususnya dibidang keuangan,”ujar Gus Ipul.

Gus ipul juga berencana untuk melakukan kunjungan balik ke Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jatim bersama Mas Adi, Sekda dan OPD terkait untuk mendapatkan arahan yang lebih kongkrit

Gus Ipul menyampaikan terimakasih kepada Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur dan meminta dukungan agar Pemerintah Kota Pasuruan dapat meningkatkan kapasitas fiskalnya. (Aga)