Angga Ardiansyah – Ramapati Pasuruan
Pasuruan, Kamis 7 Oktober 2021
Ramapati Pasuruan- Dalam rangka mematangkan dan demi suksesnya agenda besar tahunan di Kota Pasuruan, yaitu Haul KH. Abdul Hamid Bin Abdullah Bin Umar yang insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2021.
Pemerintah Kota Pasuruan bersama shohibul hajati dan panita penyelenggara melakukan koordinasi terkait berbagai hal penting demi mensukseskan kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Pendopo Surga Surgi Rumah Dinas Wali Kota Pasuruan.
” Alhamdulillah, kegiatan haul tahun ini bisa dilaksanakan seperti biasanya, walaupun harus tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat karena masih dimasa pandemi covid-19,” kata KH. Idris Hamid. Rabu malam (6/10/2021).
” Saya mewakili tuan rumah mengucapkan banyak terima kasih kepada Wali Kota Pasuruan bersama jajarannya yang mana setiap ada haul selalu dibantu untuk mensukseskan acara ini,” lanjutnya
Lebih lanjut Kiyai Idris mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya penyelenggaraan haul KH. Abdul Hamid ini panitia tidak pernah membuat undangan dan meminta sumbangan kepada siapapun dalam bentuk apapun pula, puluhan ribu orang insyaallah akan datang ke Kota Pasuruan.
Makanya pertemuan ini sangatlah penting agar dalam pelaksanaannya nanti bisa mencapai seperti apa yang diharapkan.
” Saya ingin bisa mencapai three success atau 3 sukses, antara lain sukses tamunya, sukses acaranya dan sukses konsumsinya,” beber KH. Idris.
Gus Amak sebagai ketua panitia penyelenggara mengatakan untuk persiapan kegiatan ini sudah melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran kepanitiaan dan malam hari ini sudah yang ke lima kalinya.
” Untuk semua persiapan kepanitiaan, baik panitia di dalam pondok ataupun juga bersama Kepolisian, TNI dan OPD terkait lainnya sudah dilakukan dan malam ini rapat yang ke lima kalinya,” ujarnya.
Untuk kegiatan haul sendiri Gus Amak menjelaskan akan diawali pada Jumat pagi maulid habsyi dilanjutkan temu alumni di bait al-hikmah dan Sabtu subuh hotmil quran bil hifdi dilanjut acara inti Haul KH. Abdul Hamid dan ditutup malam harinya Hadrah ishari.
Untuk tamu VVIP panitia menyebar undangan khusus sebanyak 800 undangan dan akan ditempatkan dihalaman pondok salafiah menggunakan kursi dan tetap prokes.
Ada beberapa gang yang bisa di gunakan jama’ah untuk menuju ke lokasi haul. Diantaranya Gang 8 dan 10 di jalan KH. Abdul Hamid serta Gang 13 dan Gang utara hotel pasuruan di jalan KH. Wahid Hasyim.
Sementara untuk jama’ah disediakan terop sepanjang jalan KH. Abdul Hamid atau jalan Jawa dan di depan Masjid Jami’.
” Untuk jama’ah disediakan tempat atau terop di jalan jawa dan depan masjid jami’, ada tempat cuci tangan dan diwajibkan menggunakan masker serta jauhi kerumunan,” harap Gus Amak.
” Untuk tamu VVIP semuanya masuk lewat pintu utama atau gang 13 dan alun-alun disiapkan untuk parkir tamu VVIP khusus roda 4 dan 2,” lanjutnya
Sementara Wali Kota Pasuruan berharap kegiatan ini tetap berjalan dan di utamakan prokes yang sangat ketat dan kita sebagai tuan rumah itu harus mau Gupuh, lungguh dan suguh.
” Kita sebagai tuan rumah itu harus mau digupui, terus menyiapkan lelungguhan bagi tamu dan kalau ada juga menyiapkan sesuguhan,” ujar Gus Ipul.
Untuk dinas terkait yang terlibat untuk mensukseskan haul ini antara lain, Sekda, Kodim, Polres, DPRD, Kejaksaan, Pengadilan, semua Camat, DMI, Kominfotik, Humas, Satpol PP, Bagian umum, Dishub, Dinkes, Disperindag, PMI, Kesbangpol, Lurah kebonsari dan PLN.
Wali Kota Pasuruan juga menghimbau kepada DMI (Dewan Masjid Indonesia) dan camat juga untuk menyiapkan tempat bagi jama’ah berupa masjid dan lainnya di masing-masing Kecamatan untuk nantinya bisa dibuat tempat bagi jama’ah mengikuti haul secara streaming.
” Untuk menghindari kerumunan sebaiknya masyarakat bisa mengikuti di beberapa masjid yang sudah disiapkan dimasing-masing Kecamatan atau bisa juga mendengarkan langsung melalui radio Ramapati Pasuruan,” kata Gus Ipul.
Gus Ipul juga menginginkan adanya pengeras suara atau soundsystem yang dipasang disetiap perempatan jalan serta untuk beberapa Kantor juga bisa membuka akses bagi jama’ah tak terkecuali juga kantor Pemkot bisa dipakai jika diperlukan.
Untuk kantong-kantong parkir baik roda 4 dan roda 2 juga sudah di siapkan oleh Dishub, untuk PKL juga sudah dikondisikan oleh Disperindag di bantu oleh Satpol PP, untuk nakes dan ambulan juga dipersiapkan oleh Dinaa Kesehatan.
Terakhir Gus Ipul berharap agar semua tugas dijalankan sesuai dengan tupoksinya dengan penuh tanggung jawab, warna prokes lebih ditampakkan, petugas harus tegas dan humanis, setiap camat dan OPD adakan siaran langsung, DMI mengajak masjid untuk siaran langsung dan Sekda harus menindaklanjutinya bersama OPD terkait untuk kelancaran acara tersebut. (Aga)