Peringatan HKN ke- 58 RSUD. R. Soedarsono Launching 4 Layanan Baru Bagi Warga Kota Pasuruan.

Pasuruan, Jum’at 18 November 2022

Wakil Wali Kota Pasuruan didampingi Direktur Rumah Sakit Soedarsono dan Kepala Dinas Kesehatan menggunting pita pertanda diresmikannya layanan baru di RSUD DR. R. Soedarsono Kota Pasuruan.

Reporter: Angga Ardiansyah

Ramapati Pasuruan — Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 58 tahun 2022 Rumah Sakit Umum Daerah R. Soedarsono Kota Pasuruan melaunching beberapa layanan dan sekaligus tasyakuran atas diraihnya RSUD. R. Soedarsono lulus akreditasi paripurna yang baru diraih.

Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo melaunching langsung layanan di Rumah Sakit Purut yang baru ini yang bertempat di halaman gedung unit hemodialisis. Jum’at (18/11/2022).

Direktur Rumah Sakit R. Soedarsono dr. M. Burhan saat membacakan selayang pandang layanan yang diresmikan hari ini menyatakan ada 4 layanan baru di Rumah Sakit Purut yang dilaunching hari ini, Pertama layanan Spontan (Sistem Pelayanan Obat Antar Tanpa Antrian).

“Layanan farmasi ini untuk pasien yang sudah selesai diperiksa di klinik rawat jalan, nantinya obat akan diantar ke rumah bagi warga yang ber KTP Kota Pasuruan khususnya pasien geriatri,” ujar Burhan.

Menurut Burhan layanan ini dimaksudkan untuk memudahkan pasien dalam pengambilan obat, tanpa antrian dan pasien bisa menunggu di rumah sambil istirahat.

Layanan kedua Home Care dimana program layanan ini merupakan pengembangan layanan geriatri dan layanan kasus penyakit tertentu bagi pasien yang memerlukan pelayanan berkesinambungan di rumahnya.

” Layanan ini untuk memberikan pelayanan yang berkesinambungan dan komprehensif bagi pasien dirumahnya,” tambahnya.

Layanan ketiga HCU (High Care Unit) merupakan peningkatan HCU dari yang sebelumnya secara berkesinambungan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pengobatan, perawatan dan observasi secara ketat yang semakin meningkat akibat penyakit menular atau tidak.

“Keunggulan layanan HCU ini dilakukan oleh tim dari dokter spesialis dan perawat yang mayoritas sudah ikut pelatihan dasar HCI dan pelatihan basic life support,” bebernya.

Dan layanan keempat yaitu Pre- Hospital Care yang bertujuan memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan.

Maksud dan tujuan layanan ini untuk memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di bidang kesehatan dan sekaligus untuk menekan angka morbiditas dan mortalitas dengan penanganan kegawatdaruratan yang cepat dan tepat.

“Layanan ini bermanfaat dalam memberikan akses panggilan cepat bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kegawatdaruratan kesehatan, dan juga pelayanan ambulan pre hospital emergency gratis bagi seluruh warga Kota Pasuruan,” pungkasnya.