Reporter: Nur Aries
Ramapati Pasuruan — Sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas produk-produk UMKM Kota Pasuruan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan, menggelar Rapat Kerja Daerah Pengurus Dekranasda Kota Pasuruan Tahun 2024 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan PKK Kota Pasuruan, Senin (15/07/2024).
Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf di dampingi oleh Wakil Ketua Dekranasda Ani Adi Wibowo, Wakil Ketua Harian Dekranasda Yanti Rudiyanto dan Pengurus Dekranasda Kota Pasuruan masa bakti 2021-2024.
Dalam sambutannya Ketua Dekranasda Fatma mengaku sangat mendukung penuh keberlanjutan program kegiatan Dekranasda Kota Pasuruan.
Fatma menjelaskan jika Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai elemen penggerak industri kerajinan yang berfungsi membantu dan mengembangkan seni kerajinan di daerah.
“Sejalan dengan visi dan misinya, Dekranas maupun Dekranasda berupaya untuk menumbuhkembangkan dan menjaga kelangsungan kontinuitas produk hasil kerajinan serta membantu memfasilitasi kebutuhan para perajin dalam mengembangkan dan memasarkan produknya, agar lebih maju, kuat dan berdaya saing, utamanya dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif,” jelasnya
Fatma berpesan di industri kerajinan perlu didorong pertumbuhan dan perkembangannya sebagai upaya pelestarian hasil seni dan budaya bangsa. Dalam upaya pembinaan kepada perajin ini, dibutuhkan dukungan dan sinergitas dari perangkat daerah dan para pemangku kepentingan seni keraninan yang berhimpun dalam wadah Dekranasda.
“Oleh sebab itu saya berharap kepada perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait, untuk membantu, mensupport dan merencanakan kegiatan-kegiatan yang mengena serta tepat sasaran sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para perajin,” pesan fatma.
Dalam kegiatan tersebut di lanjut dengan 6 paparan dari setiap pengurus dekranasda, salah satu dari 6 paparan tersebut yakni Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Imam Subekti S.Sos MM.
Kadis Kominfotik menjelaskan dan mendukung penuh UMKM Kota Pasuruan dengan melakukan audiens melalui media digital seperti live streaming di setiap minggunya.
“Di era digital saat ini, media podcast semakin populer sebagai sarana komunikasi dan hiburan. Dalam dunia bisnis, podcast juga memiliki potensi besar untuk membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam membangun audiens yang loyal dan meningkatkan keuntungan mereka di buktikan dengan testimoni podcast pojok UMKM di youtube Ramapati Pasuruan setiap minggunya,” jelas imam.
Bukti dukungan penuhnya ini, Kadis Kominfotik memberi tugas kepada dua orang Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari SMKN 1 Kota Pasuruan dalam jurusan bisnis digital untuk memanfaatkan Tugas Kerja Lapangan ini dengan baik.
Dalam Penjelasannya Reno dan Vicky memaparkan upaya mereka dalam membantu UMKM di Kota Pasuruan dengan mendistribusikan via Online dan Offline.
Dalam paparannya Reno menjelaskan tentang Visi dan Misi serta tujuan di bentuknya MVJ Mart antara lain;
Visi MVJ Mart:
Menjadi wadah untuk promosi dan distribusi produk-produk UMKM Kota Pasuruan secara online dan offline, serta menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan khas Kota Pasuruan
MISI MVJ Mart:
- Mempromosikan UMKM Kota Pasuruan: Mengangkat dan memasarkan produk-produk UMKM Kota Pasuruan secara luas.
- Menjadi Destinasi Favorit Wisatawan: Menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang ingin mengetahui produk dan makanan khas Kota Pasuruan.
- Dukung Ekonomi Lokal: Mendukung pertumbuhan UMKM Kota Pasuruan melalui promosi dan peningkatan akses pasar.
“Tujuan MVJ Mart adalah menjadi distributor utama produk khas Kota Pasuruan, menyediakan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan mereka,” pungkas Reno.